Tuesday, 21 December 2021 | 16:55 Wita

Yayasan Al Hijrah Ponpes Hidayatullah Masamba Adakan Tasmi Hafalan

Editor: admin
Share

LUWU RAYA, HidayatullahMakassar.com — Yayasan Al-Hijrah Pondok Pesantren Hidayatullah Masamba, Luwu Utara, sukses menggelar kegiatan Seremonial Hifdzil Qur’an Tahun Pelajaran 2020/2021, Senin (20/12/2021).

Kegiatan tersebut merupakan puncak dari kegiatan Tasmi’ yang berlangsung sebelumnya sejak 11 sampai 18 Desember 2021.

Tasmi’ quran merulakan kegiatan memperdengarkan hafalan Al-Qur’an kepada khalayak semua Santri dan murabbi, agar ketika ada kesalahan atau kekeliruan, dapat segera di ingatkan dan dibetulkan.

Tasmi’ kali ini diikuti 56 santri putri siswi MTs SMK Hidayatullah Masamba dengan tingkat hafalan yang berbeda-beda. Terdapat 5 santri yang mendapat penghargaan hafalan terbaik. Yaitu Tri Suci Ananda asal Tarobok (3 juz), Rasty asal Sukamaju (3 juz), Nurfadilah Maulana asal Burau (5 juz), Akilahtusy Syaqifah asal Bontang (5 juz) dan Nafilah Mahmuda asal Sabbang (3 juz).

Ketua Yayasan Al-Hijrah Hidayatullah Masamba Ustadz M Abd Wahab SPdI menyambut baik kegiatan ini dan mendorong agar bisa semakin di giatkan.

“Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap para santri yang memiliki semangat dalam menghafal al-Quran sekaligus sebagai motivasi bagi santri lain untuk lebih giat dalam menghafal. Semoga kedepannya akan semakin banyak santri yang berhasil menghafal Al Qur’an sesuai target,” harapnya.

Kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan itu disambut antusias oleh para orangtua dan santri. Sejak hari pertama kegiatan tasmi’ digelar banyak orangtua yang rutin bertanya perkambangan hafalan anaknya

Para orangtua juga terlihat antusias menyaksikan anaknya saat Tasmi’ Via Zoom dan Google Meet. Para santripun sejak diumumkan kegiatan Tasmi’ begitu sibuk ziyadah dan muraja’ah tiap ada waktu luang.

Sebagaimana penuturan salah seorang pembina bahwa saat menunggu antrian di kamar mandi sekalipun mereka terlihat komat-kamit sibuk muraja’ah dan ziyadah hafalan Qurannya.

Salah seorang santri asal Tolada kelas VII, Salsabila, yang masih tergolong santri baru dan baru enam bulan di pondok, mampu menghafal dan mencapai target hafalan 1 Juz, berhasil mengikuti Tasmi’ dan lulus dengan predikat mumtaz.

Acara serimonial berlangsung khidmat, orangtua dan tamu undangan tak sedikit yang terharu dan meneteskan air mata saat prosesi inti penyerahan sertifikat dan penyematan mahkota kepada orangtua oleh para hafidzah.■ nuzul usman



BACA JUGA