Wednesday, 22 December 2021 | 15:55 Wita

LPIH Parepare Pelatihan Dasar Totok Punggung dan Wajah Untuk Kesehatan Santri Putri

Editor: admin
Share

AJATAPARENG, HidayatullahSulsel.com –Koordinator Putri Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah (LPIH) Parepare mengadakan Pelatihan Totok Punggung dan Wajah untuk kesehatan di ruang lab SMA Hidayatullah Putri, Parepare, Senin-Selasa (20-21/12/2021).

Pelatihan tersebut menghadirkan pemateri Ustzah Misliani Ummu Fauzan dengan peserta seluruh santri putri serta Muslimat Hidayatullah Parepare.

Ketua LPIH Parepare, Ust Ahmad Sabil hadir dan memberi apresiasi kepada seluruh peserta “Semoga dengan adanya pelatihan ini santri semakin sehat, lebih menjaga diri dari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri. juga, saya harap laporan sakit itu berkurang dan semua tambah kuat,” ujarnya.

Pelatihan diawali dengan paparan materi yang berkaitan, kemudian dilanjutkan dengan belajar langsung yaitu praktik, para peserta pun berpasang-pasangan satu sama lain.

“Dengan totok punggung, maka semua perlemakan atau penyumbatan yang menumpuk dipunggung akan diurai sehingga darah akan mengalir lancar ke seluruh tubuh, sehingga dengan izin Allah, bisa menjadi bagian bentuk ikhtiar kita, solusi beberapa keluhan yang sering dialami,” terang pemateri yang juga merupakan Ketua PD Muslimat Hidayatullah Sidrap tersebut

Ia menyemangati para santri agar benar-benar serius dalam mempelajari ilmu totok punggung dan wajah ini, yang akan sangat bermanfaat khususnya ketika di asrama ada yang mempunyai keluhan bisa saling membantu, begitupun ketika pulang ke rumah maka bisa membantu keluarga untuk di totok punggung dan wajahnya.

“Makanya perlu sering-sering latihan, melatih jarinya-jarinya agar terbiasa menemukan titik-titik yang mengalami penumpukan sehingga memudahkan untuk diurai,” lanjut ibu dari 6 anak tersebut.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini, memberi kesan tersendiri bagi peserta, sebab mendapatkan ilmu bermanfaat bagi diri dan orang lain.

“Sangat senang mengikuti pelatihan ini, karena dengan adanya kegiatan seperti ini, kita bisa lebih memahami kondisi dan cara untuk membantu teman-teman di asrama saat ada keluahan sakit,” komentar Ketua Organisasi Santri Hidayatullah (OSHIDA) Putri, Kartina.

“Masya Allah, ilmu yang sangat bermanfaat minimal buat diri kita dan keluarga kecil di rumah, sangat perlu untuk mempelajarinya, insya Allah tidak rugi,” tutur Ustazah Sahlah, Ketua PD Mushida Parepare.■ */Sahlah al-Ghumaishaa



BACA JUGA