Monday, 10 January 2022 | 08:55 Wita

DPD Hidayatullah Parepare Kembali Resmikan RQH

Editor: admin
Share

PAREPARE, hidayatullahsulsel.com — Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hidayatullah Kota Parepare , Pemuda Hidayatullah Sulawesi Selatan dan Muslimat Hidayatullah (Mushida) berkolaborasi dan bersinergi untuk pembentukan Rumah Qur’an di Kota Parepare.

Ketua DPD Hidayatullah Parepare Ustadz Muharram, S.Pd.I kembali meresmikan Rumah Qur’an Hidayatullah (RQH) ketiga yaitu Rumah Qur’an Istiqomah di Perumahan Yasmin Garden 1, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare, Ahad (9/1/2021).

“Program RQH adalah program nasional gerakan dakwah Hidayatullah yang disepakati pada pergelaran Munas Hidayatullah V 2020 lalu, sehingga menuntut upaya bersama menghadirkan titik-titik cahaya al-Qur’an di Kota Parepare,” ungkapnya.

Menurutnya RQH menjadi keharusan untuk kemuliaan bersama sebab al-Qur’an adalah dari zat yang mulia, dibawa oleh malaikat yang mulia yaitu Jibril untuk disampaikan kepada manusia yang mulia yaitu Rasulullah shallallahu alaihi wa shallam.

Kemuliaannya juga diraih tempat diturunkannya yakni Kota Makkah dan Madinah, lanjutnya, sehingga Makkah dan Madinah menjadi kota yang diberkahi.

“Maka dengan mempelajari dan mengajarkan al-Qur’an di RQH, kita berharap turut menjadi manusia terbaik,” terang ustadz Muharram dalam sambutannya.

Salah satu hadits yang menjadi spirit yaitu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

خيركم من تعلم القرآن وعلمه

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan yang mengajarkannya.” (H.R. Bukhari)

Sehingga katanya, sudah sepantasnya mempersiapkan ruang dan waktu untuk al-Qur’an, menjadi manusia yang bermanfaat dengan al-Qur’an.

“Sebab, dengan al-Qur’an akan tersentuh dan memberikan rahmat kepada seluruh tingkatan status, ibaratnya mulai dari tingkatan akar rumput sampai presiden. Mereka akan mulia dan menjadi manusia yang bermanfaat apabila tersibghah oleh al-Qur’an,” lanjutnya.

Oleh karena itu, tuturnya, dengan adanya kesepakatan menghadirkan sarana RQH maka salah satu harapan untuk memperoleh bimbingan dan kemuliaan dari Allah azza wa jalla, yang tidak hanya di dunia tetapi hingga ke akhirat.

“Semoga RQH ini hadir di setiap tingkat Kecamatan, Kelurahan, RT hingga di setiap rumah warga Kota Parepare,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Departemen Dakwah dan Pelayanan Umat Hidayatullah Parepare ustadz Habibi Nursalam memberikan gambaran dari metode dari Gerakan Dakwah Mengajar dan Belajar Membaca Al-Qur’an (Grand MBA).

Dalam gerakan Grand MBA ini terdapat metode al-Qira’ah (metode 8 jam pintar membaca al-Qur’an) ini sebagai al-Busyra (berita gembira) buat orang tua kita yang memiliki kesibukan yang padat.

Serta al-Qira’ah memliki beberapa tingkatan lanjutan yaitu tahsin al-Qira’ah, terjemah al-Qur’an dengan mudah, dan Majelis al-Qur’an yaitu mengkaji isinya untuk diamalkan. “Sehingga untuk menjadi amal jariyah maka perlu diajarkan,” terangnya.

Turut hadir juga Kadept Dakwah PW Pemhida Sulsel Ust Ahmad Syahril sebagai parnert sinergi (Orpen) Program Qur’an di Parepare.

Ibu-ibu warga perumahan Yasmin menyiapkan nama RQH yaitu Istiqomah. Agar menjadi spirit untuk senantiasa istiqomah fastabiqul khairat dalam memuliakan al-Qur’an.

“Alhamdulillah, salah satu kesyukuran dan kami berterima kasih atas terbentuknya RQH Istiqomah ini, semoga dengan adanya bimbingan untuk mempelajari al-Qur’an akan mengantarkan kita untuk memperoleh syafa’at di akhirat kelak,” harap tuan rumah RQG Istiqomah H Ir Mansur yang juga owner CV Karajaya tersebut.■

*) Laporan: Sahlah al-Ghumaishaa’, Ketua PD Mushida Parepare



BACA JUGA