Thursday, 13 January 2022 | 18:47 Wita

Baraa Masoud Bagi 4 Cara Muda Hafal AlQur’an

Editor: admin
Share

SOSOK, HidayatullahSulsel.com — Qori Internasionan yang juga hafidz Qur’an 30 Juz asal Gaza Palestina, Baraa Masoud, berbagi empat tips cara mudah menghafal Al-Qur’an dalam acara Pengajian Road Show 2022.

Kegiatan yang mengangkat tema “Back To Qur’an” ini diselenggarakan oleh Sahabat Hidayah Sorowako (SHS) di Magani Park Nuha, Sorowako, Luwu Timur, Selasa (11/01).

Mengawali pemaparannya, Baraa menceritakan kisahnya. Bahwa sejak kecil sudah cinta Qur’an dan syukurnya kesenangan dengan Al-Qur’an ini didukung penuh oleh kedua orangtuanya dengan memberikan motivasi yang baik terhadap Baraa kala itu.

“Saya suka menghafal Qur’an itu sejak umur 10 tahun, kata orang tua saya, saya juga punya suara yang bagus dan merdu. Tentu motivasi orang tua itu yang membuat semakin semangat belajar,” katanya.

Lebih jauh, Baraa memaparkan empat cara mudah dan cepat dalam menghafal Al-Qur’an.

Pertama ialah sesering mungkin mendengarkan bacaan Al-Qur’an. Cara ini agar pendengaran kita terbiasa dengan lantunan ayat Al-Quran.

Kedua membaca Al-Qur’an sesuai tajwid, makharijul huruf dan tahu harakat dalam membaca Al-Qur’an. Ini agar kita bukan hanya sekadar menghafal saja tapi benar-benar memahami hukum-hukum bacaan.

Ketiga membaca Al-Qur’an serta memahami tafsirnya. Tentu jika kita sudah memahami tafsir sebuah ayat maka Al Qur’an itu akan membekas bukan hanya di kepala tapi juga di hati.

Dan yang keempat harus selalu muraja’ah atau mengulang-ngulang hafalan. Nah yang terakhir ini yang terpenting sebab dengan mengulang ulang bacaan makan kulaitas hafalan akan semakin baik.

“Empat metode ini yang saya gunakan hingga saya bisa hafal 30 Juz,” terang Baraa.■ ridwan gagah