Sunday, 30 January 2022 | 06:22 Wita

Dua Kekuatan Gerakan Kebangkitan Islam

Editor: admin
Share

Oleh : Ust Dr Misjaya Muhammad Haerun SPdI MPdI, Dewan Murabi Wilayah Hidayatullah Sulsel dan Kaprodi PGMI STAI Al Bayan

HidayatullahSulsel.com — Kebangkitan Islam itu bukanlah kebangkitan dari sebuah pergerakan umumnya. Tapi kebangkitan Islam adalah dengan gerakan yang diukur dengan majunya masyarakat karena aksi pengabdian para pengusung peradaban.

Program kerja hakikatnya adalah dasar gerakan. Siapa  yang tidak merencanakan gerakannya, maka gerakannya hanya berujung pada kegagalan.

Perencanaan yang tidak diikuti oleh gerakan, hanyalah mimpi buruk yang tidak perlu diceritakan kepada orang lain.

Ketikan rancangan gerakan telah disusun secara sistematis,  dan menjadi kesepakatan bersama, maka langkah berikutnya adalah memunajatkannya. Usaha mewujudnyatakan rancangan tersebut membutuhkan dua lokomotif sebagai sumber power.

Pertama. Kekuatan aqliyyah dan ruhiyyah, berupa ilmu yang dibangun di atas nilai ketauhidan, sebagai sumber dan pengendali arus utama gerakan.

Arus ini berwujud dalam bentuk ‘azam atau tekat yang kuat. Ilmu adalah cahaya, dia adalah tahqiqul ubudiyyah,  sebagai buah dari kuatnya pengabdian kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, melalui berbagai bentuk ibadah.

Kedua. Kekuatan fisik, sebagai pelaku, alat, dan media gerakan sekaligus. Tekad yang kuat butuh kekuatan fisik, dan skill profesional untuk menghasilkan sesuatu yang nyata, karya yang ideal.

Sebagaimana spirit Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Al Qur’an surat Al Fatihah ayat 5

إياك نعبد وإياك نستعين

“Hanya kepada-Mu kami menyembah, dan hanya kepada-Mu kami mohon pertolongan”.

Rahasia kesuksesan perjalanan amanah kepemimpinan Thalut, dalam memenangkan pergerakan melawan Jalut adalah dengan dua lokomotif itu. Allah Ta’ala berfirman,

وزاده بسطة فى العلم والجسم

“… dan Allah memberi (Talut) kelebihan ilmu dan fisik…” Qs. Al Baqarah: 247. Wallahuallam.■ subhan

*) Diolah dan disarikan dari tausiah di sela Rakerda kampus Madya Hidayatullah Bone



BACA JUGA