Thursday, 17 February 2022 | 16:30 Wita

Selamat Jalan Ustad Rusdin

Editor: admin
Share

HidayatullahSulsel.com — Innalilahi wa Inna ilaihi roji’un. Pejuang yang gigih dan ramah itu telah pergi.

Pada 2009 lalu, aku berpindah tugas, dari Makassar ke Luwu Timur. Tugas dakwah dan pendirian Baitul Maal Hidayatullah Luwu Timur. Sejak saat itu aku mulai mengenalmu.

Adalah Ustad Rusdin Muis, saudara dari Ustad Abu Bakar Muis, Aan dan Ustad Qurais. Saat itu beliau Ketua Yayasan Pesantren Hidayatullah Wawondula.

Saya diajak. “Ayo pindah ke Wawondula, Kita berdakwah di sana, sambil buka BMH” pintanya kepadaku.

Sejak itu, aku ikut pindah. Kutanggalkan tugasku sebagai Ketua BMH Makassar, untuk menemani beliau di Wawondula, Luwu Timur. Bersama beliau lah, didirikan masjid besar Umar Bin Abdul Aziz, sebagai spirit, untuk menjadi seorang pemimpin yang adil.

Beliau yang saya kenal, adalah orang yang berjasa, untuk pembangunan pondok pesantren Hidayatullah di Wawondula. Beliau senantiasa terlibat dalam jama’ah, dan nyaris tidak meninggalkan cacat ukhuwah.

Ustad Rusdin yang saya kenal, beliau sangat giat bekerja. Pantang menyerah. Khusus menghidupkan ekonomi pondok.

2009 itu, setiap Sabtu, kita potong sapi. Untuk dijual di pasar. Kadang 2 hingga 3 ekor per pekan. Beliau juga selalu berusaha ini dan itu. Banyak dusaha ekonominya yang tidak pernah putus.

Dengannya, ukhuwah selalu kuat. Nyaris tidak pernah saya bersinggungan dengannya, meskipun hanya sekedar kata-kata.

Canda tawanya, yang kadang khas, menghiasai ruang hampa disela acara, silaturahmi, pertemuan dan sebagainya. Beliau terasa hangat untuk semua orang. Baik hati dan pemurah.

Saya kembali ke Wawondula, Januari 2021, Ibadahnya, yang saya liat jauh meningkat. berinteraksi kembali dengan Ustad kelahiran Desa Rade, Madapangga, Bima, tahun 1968 ini.

Ibadahnya inilah yang berat untuk saya ikuti. Bahkan kadang saya iri. Betapa khusyuk sholat sunnah beliau. Wirid dan dzikirnya yang tidak pernah putus. Amalan GNH nya jalan. Ngajinya tidak pernah alpa.

Terakhir, beliau banyak jadi Imam Masjid di Masjid Bendungan, entah masjid apa namanya. Meskipun jamaahnya hanya hitungan 5 orang, beliau senantiasa imam di masjid itu.

Bahkan, sambil imam, ia mengajari ngaji, seorang orang tua, jamaah di masjid tersebut. Beliau mengajar Iqra ke orang tua tersebut. Sebuah amalan jariyah.

Akhir 2021, beliau mengutarakan niatnya untuk membuat rumah di dekat pondok. “Saya ada niat buat rumah di pondok, tapi belum ada uang. Rumah yang saya tempati itu rumah pondok” ungkap beliau. Intinya, hingga Ustad Rusdin meninggal, ternyata beliau belum punya rumah.

Saya menikmati persaudaraan bersamanya. Menu sup kambing dan telur asin di rumah, yang kadang tersaji setiap acara, saya sempatkan untuk mengundangnya. Dan meskipun merasa tidak nyaman dengan asam uratnya, beliau tetap saja asyik menikmati hidangan yang ada.

Ustad Rusdin, mungkin tidak ada catatan sejarah yang mencatat semua kebaikan-kebaikan yang engkau lakukan. Tapi Allah, tidak akan luput untuk menghitung dan mencatatnya.

Beliau meninggalkan, satu orang isteri, dan enam orang putra-putri. Selamat jalan Ustad Rusdin, semoga Allah memberikan surga terbaik untukmu. (Sarmadani Karani)


Tags:

BACA JUGA