Wednesday, 2 March 2022 | 00:24 Wita

Laznas BMH Bantu Material Renovasi Masjid Berumur 85 Tahun di Gowa

Editor: admin
Share

HidayatullahSulsel.com — Seorang lelaki paruh baya keluar dari pelataran Masjid Nurul Taqwa menyambut tim dari Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH).

Saharuddin Dg Lurang tersenyum lebar dan mendekati mobil pickup bermuatan matrial bahan bangunan.

Sesaat kemudian warga secara bergantian menurunkan matrial berupa balok kayu, besi, triplek, kawat beton, semen, paku dan palu.

Bahan bangunan itu untuk keperluan Masjid Nurul Taqwa yang beralamat di Desa Bontomanai, Kec. Bajeng Barat, Gowa, Rabu (2/3/2022).

Daeng Lurang, demikian ia karib disapa, menceritakan bahwa Masjid Nurul Taqwa termasuk masjid tua di wilayahnya.

Masjid itu sudah berdiri sejak 1937. Menilik kontruksi dan kondisinya yang sudah tidak layak, masyarakat bersepakat untuk memulai renovasi.

“Masyarakat bergotong royong untuk mewujudkan renovasi masjid ini,” ujar Daeng Lurang yang juga Ketua Pembangunan Masjid.

Ia bercerita, untuk membangun masjid warga siap menyumbangan waktu dan tenaga, namun untuk pengadaan matrial haruslah dikumpul sedikit-sedikit dan menunggu hasil panen.

Mujahadah dan kerja keras warga saat ini masjid sudah memulai pembangunan pondasi dan dinding. Tentu masjid jauh dari kata sempurna, namun dengan memulai maka selangkah demi selangkah untuk menuntaskan pembangunan masjid tersebut.

Baginya, bahan bangunan yang disalurkan oleh Laznas BMH menjadi sebuah kebahagian. Bahwa kebaikan dan ukhuwah sesama muslim benar terasa adanya. Terlebih donasi sedekah yang terkumpul dari banyak orang.

Ketua Laznas BMH Sulsel, Kadir, mengatakan Masjid Nurul Taqwa yang sudah berdiri 85 tahun tentu buka waktu yang singkat, menjadi saksi sejarah pergolakan dan kemerdekaan negeri.

Sekaligus memberi bukti bahwa dakwah yang dilakukanoleh orang terdahulu harus tetap dijaga dan dirawat. “Harapan kami masjid ini tetap menjadi pusat dakwah dan spiritual warga,” ujarnya.(rls)