Tuesday, 15 March 2022 | 08:36 Wita

Dakwah 3T di Seko Luwu Utara, Hidayatullah Adakan Pelatihan Guru Ngaji

Editor: admin
Share

SEKO, HidayatullahSulsel.com — Ketua Departemen Dakwah Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Sulawesi Selatan Ust Reskyaman SW MPd bersama pengurus DPD Hidayatullah Luwu Utara mengadakan safari dakwah di daerah terisolir dan minoritas di Kecamatan Seko, Luwu Utara.

Safari Dakwah itu diisi pelatihan guru ngaji dengan metode Grand MBA paket Qiro’ah 8 jam, belum lama ini. Kegiatan itu merupakan salah satu program dakwah Hidayatullah di Sulsel pada 2022 ini.

Yakni dakwah untuk daerah terpencil, terluar, terisolir (3T) dan minoritas. Untuk wilayah Luwu Utara menyasar perkampungan di Kecamatan Seko.

“Seko merupakan daerah yang cukup krusial untuk dilaksanakannya pembinaan bagi warga beragama Islam, oleh karena mayoritas penduduk di sana beragama non muslim,” jelas Ust Reskyaman.

Dengan keadaan umat Islam sebagai minoritas di sana, jelasnya, mengakibatkan masih banyak anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua yang belum bisa membaca Al-Qur’an. Terkhusus para mualaf yang kurang sentuhan pembinaan.

Seorang pemateri pada pelatihan itu, Ust Muharram, yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Hidayatullah Parepare, mengatakan, dirinya terpanggil untuk melakukan pembinaan di Seko.

“Terkadang dalam shalat saya menangis memikirkan kampung halaman saya yang masih jauh dari pemahaman tentang ajaran Islam, terlebih tentang Al-Qur’an. Dengan pelatihan metode Grand MBA 8 jam, semoga menjadi penyemangat kita untuk mendekatkan umat Islam dengan Al-Qur’an,” tuturnya.

Pelatihan guru ngaji tersebut juga bekerjasama dengan BKMT Kecamatan Seko, yang diadakan di Eno Desa Padang Balua. Pelatihan dihadiri 28 peserta, 9 diantaranya laki-laki dan selebihnya perempuan.

Padang dan Seko Tengah bukan desa, tetapi pembagian wilayah yang familiar di kalangan orang Seko.

Salah seorang peserta pelatihan mengaku siap membantu jaringan dakwah Hidayatullah dengan membuka Rumah Qur’an di rumahnya, yang merupakan salah satu orang tua santri Hidayatullah di Palopo.

Hadir pula pada Safari Dakwah tersebut Ust Abdullah Kadep Dakwah DPD Hidayatullah Luwu Utara.(Abdullah)