Tuesday, 15 March 2022 | 17:31 Wita

Sako Pramuka Santri Putri Hidayatullah Belopa Tadabbur Alam di Puncak Gunung Kota Belopa

Editor: admin
Share

BELOPA, HidayatullahSulsel.com — Puluhan santri putri Pesantren Hidayatullah Belopa yang tergabung dalam Satuan Komando (Sako) Pramuka Hidayatullah mengikuti tadabur alam menaklukkan puncak gunung Kota Belopa, Ahad (13/3/2022).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan pelatihan pencarian jejak tersebut, bertujuan agar para santri bisa lebih memahami secara langsung kebesaran Allah ta’ala sang Maha Pencipta, juga dimaksudkan agar para santri bisa belajar survive di alam terbuka.

Kepala Sekolah Pesantren Hidayatullah Belopa, Ustadz Abdullah memberikan penekanan mengenai pentingnya bekerja sama dalam sebuah tim.

Menurutnya, karakter kepedulian para santri terhadap sesama dapat diuji dengan menghadapkan mereka dengan kesulitan.

“Gunungnya memang tidak seberapa tinggi. Tetapi, bagi santri putri kegiatan ini sudah cukup menantang. Kondisi hujan, ditambah dengan jalur yang sangat terjal. Praktis para santri merasakan betapa pentingnya saling bahu-membahu ketika dalam keadaan yang susah. Intinya mereka belajar arti penting dari sebuah tim,” jelas Ust Abdullah.

Senada dengan yang dijelaskan Abdullah, Instruktur Sako Pramuka Pondok Pesantren Putri Hidayatullah Belopa, Ustadzah Nuzul Amaliyah Miftah, mengharapkan dengan digelar kegiatan Tadabbur Alam tersebut dapat menambah kecerdasan spiritual para santri.

“Kedepannya kami berharap kegiatan seperti ini menjadi bagian dari rutinitas sekolah atau pondok. Sebab, dengan adanya kegiatan tadabbur alam, santri kita harapkan kecerdasannya bisa bertambah dari banyak aspek,” terangnya kepada reporter Hidayatullahsulsel.com.

Kecerdasan yang bisa diperoleh berupa kemampuan taktikal di alam bebas, terlebih lagi kecerdasan spritual.(Ian Kassa)