Saturday, 19 March 2022 | 12:07 Wita

Penyuluh Agama Islam KUA Balocci Berkunjung di Hidayatullah Pangkep

Editor: admin
Share

PANGKEP, HidayatullahSulsel.com — Penyuluh Agama Islam ( PAI ) KUA Balocci melakukan kunjungan ke Yayasan Dinul Kamil Al-Muhajirin Pondok Pesantren Hidayatullah Pangkep, Sulawesi Selatan, Sabtu (19/03/2022).

Kegiatan kunjungan tersebut menurut Ust Mansur Penyuluh Agama Islam KUA Balocci, dimaksudkan untuk menambah khazanah terkait dengan gerakan dakwah Hidayatullah khusus di Pangkep.

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Ketua Yayasan Dinul Kamil Al-Muhajirin, Ustadz Karding dan Bendahara Yayasan serta Ketua DKM masjid Muhammad Al-Fatih, Agustan.

Dalam sambutannya, Ust Karding menjelaskan gerakan utama (mainstream) Hidayatullah adalah pendidikan (tarbiyah) dan dakwah.

Di bidang dakwah, Hidayatullah secara kontinyu telah menyebarkan dai-dainya hingga ke daerah minoritas dan pedalaman. Selain itu Hidayatullah telah menyelenggarakan sejumlah program seperti bina akidah, Grand MBA, dan Pos MTQ.

Program bina akidah adalah program pembinaan singkat untuk masyarakat umum, terutama mereka yang tertarik berjuang menegakkan Islam bersama-sama Hidayatullah. Mereka yang selesai mengikuti program ini dipersilahkan untuk mengikuti serangkaian program pembinaan lanjutan dengan sistem halaqoh, taklim diniyah, dan marhalah.

Program Grand MBA (Gerakan Dakwah Mengajar dan Belajar Al-Qur’an) memfokuskan kegiatannya pada penerjemahan Al-Qur’an secara cepat kemudian menelaahnya melalui metoda MBA.

Bagi peserta yang selesai mengikuti program ini wajib mengajarkannya kepada orang lain minimal 10 orang dalam kurun waktu tertentu, sehingga semakin banyaklah masyarakat yang mampu membaca dan memahami Al-Qur’an. Implementasinya, di setiap lokasi dakwah didirikan Majelis Ta’lim Al-Qur’an (MQ) di bawah bimbingan seorang mu’allim.

Mansur menyampaikan harapannya semoga Hidayatullah bisa bekerja sama dengan Penyuluhan Agama Islam KUA Balocci, Terutama dalam program memberantas buta aksara Al-Qur’an.■ rls



BACA JUGA