Sunday, 27 March 2022 | 12:26 Wita

Tarhib Ramadhan Hidayatullah Maros Ajak Penguatan Akhlak Mulia dengan Spirit Ramadhan

Editor: admin
Share

MAROS, HidayatullahSulsel.com — Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hidayatullah Maros, menggelar Tarhib Ramadhan di pesantren kampus pratama Tahfidzul Qur’an Yayasan Darul Hijrah Dusun Baku Desa Lekopancing, Tanralili, Maros, Ahad (27/3/2022)

Ketua DPD Hidayayullah Maros, Ustadz Muh Kaisar, dalam sambutan menyampaikan program tarhib ini untuk memberikan motivasi dalam menghadapi Ramadhan.

“Tarhib merupakan persiapan agar bisa menghadapi secara baik ramadhan kali ini, juga menguatkan keimanan khususnya santri,” ujarnya.

Menurutnya, Allahuyarham Abdullah Said, pendiri Hidayatullah, setiap malam bangun untuk beribadah mulai jam 12.00 sampai 04.00 , sebagai wujud sukses ibadah. Ia berharap Ramadhan kali ini harus lebih baik dari tahun kemarin.

Hadir dalam kegiatan ini sebagai pemateri inti , dai Hidayatullah, pengurus DPP, Ustadz Muh Sholeh Utsman SS MIKom. Peserta yang hadir para santri putra dan putri , orang tua santri , pengurus DPD, DPC, amil BMH Gerai Maros, pengurus Rumah Qur’an dan masyarakat setempat ,

Ustadz Sholeh dalam tausiah menjelaskan bulan Ramadhan sangat dirindukan oleh semua orang, sehingga jauh hari dipersiapkan dimunajatkan enam bulan sebelum kedatangan ramadhan. Para shahabat dahulu bermohon agar jumpa dengan bulan yang agung, semakin dekat ramadhan semakin kencang doanya.

Menurut ustadz yang selalu energik ini, shahabat Nabi semakin intens berdoa dan diperkuat dengan ikhtiar berupa kesiapan mental lahir dan batin, kesiapan untuk menyikapi secara optimal untuk jumpa dengan momen mulia bulan suci ramadhan.

Ketua Bidang Pengkaderan Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah ini mengilustrasikan ketika kita ingin ketemu bupati biasanya kita telah menyiapkan segalanya untuk menyambutnya, setelah ketemu tidak ada hal penting hanya sekedar obrolan biasa, maka ini orang tidak punya visi.

“Begitu juga ramadhan bila seseorang tidak punya rencana matang, tidak punya visi maka tidak akan sukses mengisi waktu di ramadhan,” tambahnya.

Menurutnya, Ramadhan adalah bulan tarbiyah. “Maka lewat ramadhan diri kita bisa meraih akhlak yang agung dan mulia ,sesuai tema tarhib dengan Spirit Ramadhan kita bangun masyarakat yang berakhlak mulia,” tuturnya.■ fathi



BACA JUGA