Tuesday, 29 March 2022 | 10:53 Wita

Dua Santri Hidayatullah Pangkep Selesaikan Ujian Tasmi

Editor: admin
Share

PANGKEP, HidayatullahSulsel.com — Sebanyak dua santri putra Hidayatullah Pangkep berhasil menyelesaika tasmi’ atau ujian memperdengarkan hafalan Qur’an di hadapan para penguji dengan sekali duduk di Masjid Muhammad Al-Fatih, Selasa, (29/3/2022)

Santri Mukhlis Abdullah, siswa kelas 2 SMP asal Cirebon, Jawa Barat, telah menyelesaikan tasmi’ 6 juz sekali duduk untuk level 2 (Juz 1,2,3,28,29 dan 30) dengan kategori kelancaran Jayyid Jiddan.

Sedangkan Muh Arfan Avif, siswa kelas 3 SMP asal Minasatene, Kabupaten Pangkep, juga telah berhasil menyelesaikan tasmi’ hafalan 5 juz sekali duduk untuk level 2 (kuz 28,29,30,1, 2 dan 3) dengan kategori kelancaran Mumtaz .

Departemen Tahfidz Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatullah Pangkep Ustadz Fahru Rauzi menerangkan, ujian Tasmi’ Al Qur’an bertujuan memperkuat hafalan para siswa dan menjadi pendorong semangat bagi siswa lainnya.

“Kegiatan ini tidak hanya sebagai syarat kenaikan hafalan ke juz selanjutnya, melainkan sarana mengasah mental agar para siswa terbiasa tampil di depan umum,” ujarnya.

Muhammad Arfan, salah seorang santri tahfidz menuturkan, kegiatan sangat membantunya dalam melancarkan hafalan Al-Qur’an dan juga membantu untuk tetap mengingat hafalan-hafalan sebelumnya.■ karding