Wednesday, 30 March 2022 | 16:24 Wita

DPD Luwu-Pesantren Hidayatullah Belopa Gelar Tarhib Ramadhan

Editor: admin
Share

LUWU, HidayatullahSulsel.com — Yayasan Al Jihad Pondok Putri Pesantren Hidayatullah Belopa bekerja sama dengan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hidayatullah Luwu menggelar Tarhib Ramadhan di kompleks Pesantren Putri Hidayatullah Belopa, Kamis, (30/03/2022)

Kegiatan yang mengusung tema “Raih Kemuliaan dan Keberkahan Ramadhan 1443 H” tersebut menghadirkan Ustadz Misjaya Muh Khaerun sebagai narasumber.

Anggota Dewan Murobbi Wilayah Hidayatullah Sulsel itu menyampaikan bahwa pemberi buka puasa akan mendapatkan keutamaan pahala yang setara pahala dari orang yang berpuas.

“Siapa saja yang memberi buka puasa, atau memberikan sahur, tentu dia akan mendapatkan keutamaan. Apa keutamaannya? Yakni, pahala yang besar. Besarnya pahala itu, setara dengan besarnya pahala berpuasa,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Al Jihad Pondok Putri Pesantren Hidayatullah Belopa, Ustadz Hamzah Sultan, menuturkan kepada reporter hidayatullahsulsel.com, kegiatan Tarhib Ramadhan tersebut bertujuan agar seluruh santri dan warga memiliki kematangan wawasan sebelum bulan Ramadhan masuk.

“Wawasan Ramadhan ini perlu matang. Khususnya para santri. Maka dari itu, dari sekian panjangnya kita mendengar penuturan pemateri, dominan isinya adalah materi-materi yang terkait fiqih Ramadhan,” ujar bapak dua anak tersebut.

Tarhib Ramadhan sendiri merupakan tradisi ummat Islam di Indonesia yang jamak dan rutin dilaksanakan sekali dalam setahun. Kegiatan ini, secara seremonial dimaknai sebagai bentuk penyambutan jelang masuknya bulan suci Ramadhan.■ Ian Kassa