Friday, 1 April 2022 | 18:23 Wita

Rakerwil SAR Hidayatullah Sulsel Resmikan SRU Tiap Daerah. Ketua DPW dan Basarnas Harapkan Ini

Editor: admin
Share

PALOPO, HidayatullahSulsel.com — Pengurus Wilayah (PW) SAR Hidayatullah Sulawesi Selatan menyelenggarakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di Kampus Hidayatullah Palopo, Rabu, 27-28 Sya’ban 1443 H/30-30 Maret 2022.

Rapat kerja bertema “Konsolidasi Jatidiri, Organisasi dan Wawasan Dalam Satu Komando Tanpa Tapi Tanpa Nanti” itu merupakan agenda rutin yang dilakukan untuk mensosialisasikan hasil-hasil Rapimnas SAR Pusat serta merencanakan program kerja untuk 1 tahun ke depan.

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua DPW Hidayatullah Sulsel sekaligus Pembina SAR Sulsel ustadz Drs Nasri Bohari MPd, Senior sekaligus Pengawas SAR Hidayatullah Sulsel Abdul Hadi SPdI dan Basarnas Kota Palopo.

Rakerwil dibuka langsung secara virtual oleh Ketua PP SAR Hidayatullah Irwan Harun SPdI.
Ia menegaskan keberadaan di SAR Hidayatullah merupakan tugas yang sangat mulia, karena bukan hanya sebatas tugas kemanusiaan saja, tapi merupakan misi dakwah dalam rangka “menyelamatkan” manusia di dunia dan akhirat.

“Setiap anggota tetap menjaga soliditas team dalam satu komando,” pesannya. Selanjutnya Irwan berterima kasih kepada seluruh stakeholder yang ada khsusunya pengurus SAR Sulsel atas dukungan dan kerjasamanya selama ini sehingga SAR Hidayatullah mendapatkan penghargaan dari Basarnas Pusat di Jakarta, belum lama ini.

Ketua PW SAR Hidayatullah Sulsel, Armin Karim SHi, menjelaskan kepada Hidayatullahsulsel.com bahwa Rakerwil ini merupakan salah satu forum yang sangat penting dalam merespon dinamika organisasi.

Terutama, katanya, untuk melaksanakan Tri Konsolidasi Hidayatullah yakni konsolidasi jatidiri, organisasi dan wawasan kepada para pengurus di tingkat wilayah dan daerah agar mereka lebih siap dan tangguh dalam mengemban amanah sebagai insan Rescuer.

“Juga sebagai di momentum Rakerwil kali ini dilakukan pembentukan dan pengukuhan SRU (Search and Rescue Unit) di setiap kabupaten/ kota yang ada di sulsel,” ungkapnya.

Rakerwil SAR Hidayatullah kali ini berbeda karena pembukaan dilaksanakan secara terbuka dengan upacara di lapangan olahraga kampus Hidayatullah Palopo.

Tampil sebagai Pembina Upacara Ketua DPW Hidayatullah Sulsel. Ust Nasri mengapresiasi SAR Hidayatullah Sulsel atas kinerja dan kerjasamanya selama ini.

“Seorang tim SAR Hidayatullah harus menjunjung tinggi idealisme, harus tangguh menghadapi segala macam kondisi, dan SAR Hidayatullah harus profesional. Saya berharap dan mendorong agar SAR Hidayatullah Sulsel kedepannya bisa lebih maju dan mandiri,” ujarnya.

Komandan Pos Basarnas Kota Palopo, Maickel Marth Fehmy, pada kesempatan itu menyampaikan materinya Sejarah, Perkembangan dan Struktur Organisasi SAR di Indonesia.

Ia juga turut mengapresiasi dan berterima kasih kepada pengurus SAR Hidayatullah. “Bagi kami di Basarnas, SAR Hidayatullah tidak asing lagi, apalagi saya secara pribadi pernah menjadi instruktur pada diklat SAR Hidayatullah angk.2 di Makassar,” ungkapnya.

Ia juga berharap, SAR Hisayatullah tetap menjaga komunikasi, koordinasi, sinergi antar sesama instansi terkait, dan terutama meningkatkan skill dan kemampuannya sebagai rescuer. “Kami pihak Basarnas membuka diri dan mempersilahkan bagi teman-teman yang ingin menyegarkan pengetahuannya, silahkan ke kantor kita sambil ngopi-ngopi,” tambahnya.

Rakerwil Sarhid Sulsel ditutup secara resmi oleh Ketua DPW Hidayatullah Sulsel. “DPW Sulsel akan mendukungnya, khususnya dalam hal pemahaman tentang SAR Hidayatullah dan ilmu2 dasar terkait kebencanaan bagi warga dan santri,” ujarnya.■ Abu Baim


Tags:

BACA JUGA