Saturday, 18 June 2022 | 17:55 Wita

Cetak Guru Ngaji Profesional, Hidayatullah Makassar Pelatihan Metode Praktis

Editor: admin
Share

Makassar, HidayatullahSulsel.com — Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hidayatulllah Makassar menggelar pelatihan guru mengaji metode Grand MBA di Gedung Dakwah Hidayatullah Makassar, Sabtu (18/6/2022)

Ketua DPD Hidayatullah Makassar Dr Nasrullah Sapa, Lc MM mengatakan kegiatan tersebut sebagai motivasi bagi peserta pelatihan mengambil peran dari sabda nabiullah Muhammad shollahu ‘alaihiwasallam “ Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.

”Karna pembelajaran al Quran tidak pernah berhenti terkait dua hal yaitu lafadz dan maknanya. Kedua-duanya sama-sama pentingnya,” jelasnya.

Perbandingan keduanya, urai Ust Nasrullah, seperti perbandingan antara tujuan dan sarana. Berarti, jenis yang satu lebih mulia dari yang lainnya. “Mempelajari makna-maknanya dan mengajarkan makna-maknanya (tafsirnya) lebih mulia dari mempelajari huruf-hurufnya dan mengajarkan huruf-hurufnya saja (tajwidnya semata),” kata Ust Nasrullah.

Lebih lanjut ia menyampaiakan pelatihan Grand MBA juga perlu meningkatkan jangkauan bidikannya hingga ke segala lapisan masyarakat.

Sebab, lanjut dia, nyatanya tidak sedikit orang pintar dan berkecukupan namun belum bisa mengaji. “Sehingga diharapkan setelah pelatihan ini ada aksi dengan terbentuknya majelis-majelis Qur’an atau rumah-rumah Quran,“ pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Departemen Dakwah DPD Hidayatullah Makassar Ust Muhammad Firdaus Umar SHi menjelaskan kegiatan mengangkat tema “Menjadi guru professional dengan merode praktis dan efektif ”.

Acara ini berlangsung selama satu hari yang dihadiri mayoritas pemuda dan remaja masjid Kota Makassar. “Pelatihan ini merupakan salah satu program kerja Departemen Dakwah dalam rangka pengembangan SDM,” katanya.

Menuritnya, dakwah sebagai salah satu mainstream gerakan Hidayatullah dituntut untuk terus berbenah tak terkecuali Grand MBA sebagai power skill yang harus dimiliki setiap pengampu dakwah.

Pelatihan guru mengaji kali menghadirkan Instruktur Grand MBA Al Ustadz Abdurrahman Sibghatullah BSh alumnus universitas di Sudan, Afrika.■ rls/edy



BACA JUGA