Wednesday, 29 June 2022 | 15:45 Wita

SDH Sultanbatara Praktik Penyelenggaraan Jenazah

Editor: admin
Share

PAREPARE, HidayatullahSulsel.com — Sekolah Dai Hidayatullah (SDH) SultanBatara (Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara) angkatan 3 menyelenggarakan praktik penyelenggaraan jenazah di Masjid Al Mubarak Hidayatullah Parepare, (Rabu/29/6/2022).

Kegiatan ini merupakan salah satu di antara program pembelajaran pada semester akhir di Sekolah Da’i sebelum wisuda dan penugasan

“Untuk menjawab pertanyaan di masyarakat ketika ditugaskan, maka kami bekali di akhir pembelajaran ini dengan memberikan pemahaman tentang fiqh Janaiz serta praktik dan pengobatan ala nabi yaitu bekam,” ujar Mudir SDH Sultabatara, Ustadz Habibi Nursalam.

Sebelumnya Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hidayatullah dan PD Muslimat Hidayatullah (Mushida) Kota Parepare bersinergi menjadi fasilitator dalam pelatihan Tim Penyelenggaraan Jenazah di RQH Ar-Razzaq, Kelurahan Cappa Galung Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare (4/6/2022).

Kegiatan ini juga melibatkan ustadz Habibi Nursalam, Ketua Departemen Dakwah DPD Hidayatullah Parepare sebagai pemateri yang juga mudir SDH.

Ust Habibi menyampaikan pentingnya memahami bersama bagaimana pendampingan terhadap orang yang sakit sampai matinya, ketika meninggal sampai dikuburkan, dan hal-hal yang perlu diperhatikan setelah dikuburkan.

“Tim Fardu Kifayah RQH ini diharapkan bisa membangun image di masyarakat bagaimana meredam rasa takut kepada si mayit. Karena sedikit unik apabila merasa lebih takut pada jenazah dari yang masih hidup. Serta hal yang sangat perlu diperhatikan adalah bagaimana menjaga tersingkapnya aurat si mayit, selama proses memandikan dan mengkafani,” jelasnya.■

Simak foto-foto kegiatan di akun fb HidayatullahSulsel.com @DPWHidayatullahSulsel



BACA JUGA