Saturday, 22 October 2022 | 16:27 Wita

Ramaikan Hari Santri, Santri Hidayatullah Belopa Ikuti Upacara di Kemenag Luwu

Editor: Firmansyah Lafiri
Share

LUWU, Hidayatullah Sulsel.com — Menyemarakkan Hari Santri Nasional, Yayasan Al-Jihad Pondok Putri Pesantren Hidayatullah Belopa melibatkan hampir seluruh santrinya untuk turut serta dalam upacara Hari Santri di lapangan tennis Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Kabupaten Luwu. Sabtu (22/10/2022).

Mengenakan gaun berwarna putih berlapiskan almamater hijau, santri putri Pesantren Hidayatullah Belopa, bersama sejumlah santri dari berbagai pesantren lainnya melakukan long march menuju titik kumpul tempat diselenggarakannya kegiatan yang bertema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” tersebut.

Senada dengan tema tersebut, dalam posisinya sebagai Pembina Upacara Hari Santri, Asisten 3 Bupati Kabupaten Luwu, Drs Amang Usman, membacakan pesan Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas.

Pesan tersebut mengajak seluruh santri dan warga negara Indonesia agar senantiasa mendoakan bangsa dan ulama, serta berperan dalam menjaga martabat kemanusiaa.

“Do’akan bangsa kita, jaga tanah air kita, do’akan pula para ulama, dan yang tak kalah pentingnya, mari kita berperan menjaga martabat kemanusiaan.” Demikian pesan tersebut yang dibacakan di depan ratusan santri.

Kepada reporter hidayatullahsulsel.com, Ketua Yayasan Al-Jihad Pesantren Hidayatullah Belopa, Ustadz Hamzah Sultan SPd, menuturkan, Hari Santri merupakan momen penuh inspirasi, khususnya bagi para santri yang sekarang ini tengah menikmati jerih payah santri terdahulu.

“Peringatan Hari Santri tak hanya sekadar seremonial belaka, tapi jadikan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap jasa para santri terdahulu yang telah berkorban jiwa dan raga dalam mempertahankan kemerdekaan. Tentu ini menjadi inspirasi bagi para santri saat sekarang ini untuk menjadi pelopor terdepan dalam memberikan andil terbaik buat bangsa dan tanah air Indonesia.” Jelas Hamzah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMP-SMA Yayasan Al-Jihad Pesantren Hidayatullah Belopa, Ustadz Abdullah SPd, mengharapkan agar di hari spesial para santri se-Indonesia ini bisa menjadi pemantik lahirnya tokoh bangsa dan intelektualis Islam dari kalangan santri.

“Peran santri dalam memerdekakan bangsa ini tidak bisa dinafikan. Itu nyata dan pasti. Maka, santri saat ini wajib menapaktilasi perjuangan pendahulunya. Insya Allah, melalui pondok pesantren akan lahir generasi bangsa yang intelektualis, yang siap membawa Indonesia lebih baik lagi,” ujar Abdullah.(Ian Kassa)



BACA JUGA