Monday, 31 October 2022 | 08:58 Wita

Jamwil III Pramuka Hidayatullah Berakhir. Sampai Jumpa di Towuti 2024

Editor: Firmansyah Lafiri
Share

MAROS, HidayatullahSulsel com — Jambore Wilayah (Jamwil) III Pandu Hidayatullah Sulsel resmi berakhir pada Ahad (30/10/2022). Upacara penutupan dilaksanakan di arena Jamwil lapangan Ponpes Ummul Quro Hidayatullah Tompobulu Pucak Maros.

Pandu Ponpes Al-Bayan Islamic School Hidayatullah kampus Makassar dan Tompobulu Pucak menjadi yang terbaik dan meraih juara umum untuk seluruh kategori.


SD Integral Al Bayan meraih Juara Umum kategori SD/MI, SMP Integral Al Bayan Juara Umum kategori SMP/MTs, dan SMA Tahfidz Putra Ponpes Ummulquro Hidayatullah Tompobulu sebagai Juara Umum kategori SMA/MA/SMK.

Trofi juara umum diserahkan langsung oleh Dewan Pertimbangan Hidayatullah Ust Dr Ir H Abd Aziz Qahhar Mudzakkar, Ketua DPW Hidayatullah Sulsel Ust Drs Nashri Bukhari MPd dan Sekjen Sako Pramuka Hidayatullah Pusat Ahmad Khamim.

Penutupan Jamwil yang diikuti dan dihadiri 1000an peserta dan pengunjung tersebut oleh Ketua DPW Hidayatullah Sulsel, Ust Drs Nashri Bukhari MPd.

“Jambore dengan segala tantangan dan kesulitan yang dialami untuk melatih kesabaran dan ketangguhan sebagai seorang kader Hidayatullah. Jika mencari kenyamanan itu namanya pelatihan biasanya di hotel,” ujarnya.

Ust Nashri turut mengapresiasi santri Pandu Hidayatullah yang telah menjadi peserta Jamwil dan pengurus DPD dan yayasan kampus yang mensuport. Demikian pula apresiasi kepada panitia dan tuan rumah Yayasan Al Bayan Hidayatullah kampus utama Makassar dan Hidayatullah Tompobulu.

Sebelumnya Ketua Sako Wilayah Pramuka Hidayatullah Sulsel, Alyas SPd, dalam sambutannya juga memastikan kehadiran dan diutusnya santri Pandu sebagai peserta Jamwil sebagai bentuk ketaatan kepada program kelembagaan.

“Perjuangan kontingen Jamwil sangat menginspirasi, seperti halnya ditunjukan oleh kontingen Hidayatullah Palopo walau terhalang di perjalanan tapi tetap hadir di arena Jamwil,” ujarnya.

Pada upacara penutupan yang disemarakkan oleh penampilan fiah/group Pandu Al Bayan Hidayatullah Makassar dan Hidayatullah Tompobulu.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Yayasan Ponpes Hidayatullah Towuti Ust Irwan Mujahid mengungkapkan kesiapan untuk menjadi tuan rumah Jamwil IV Pramuka Hidayatullah Sulsel di Luwu Timur.

“Kami akan perjuangkan untuk menjadi keputusan Sakoda Pramuka Hidayatullah Sulsel agar menetapkan Towuti Luwu Timur tuan rumah Jamwil IV. Insyallah pelaksanaan akan lebih sukses dan kami bertekad merebut kembali juara umum,” ujarnya.

Ust Alyas yang dikonfirmasi terpisah tentang kesiapan Towuti sebagai tuan rumah juga mengaku sudah ada komunikasi awal dengan Ponpes Hidayatullah Towuti. “Karena memang secara persyaratan dan prasarana pendukung Towuti paling siap menurut pengamatan awal kami,” ujarnya

Pada Jamwil I Bungadidi Luwu dan Jamwil II di Bone berturut-turut Pandu Ponpes Hidayatullah Towuti mendominasi juara umum. Namun pada Jamwil III hanya bisa puas sebagai terbaik ketiga untuk kategori SMP dan SMA.

Peserta Jamwil dari Ponpes Hidayatullah Luwu Timur awalnya optimis bisa mempertahankan gelar juara umum pada kegiatan tersebut, namun harus berbesar hati menyerahkan juara kepada tuan rumah kampus utama Ponpes Hidayatullah Al Bayan setelah mereka mendapat kemenangan lebih banyak dengan memperoleh 44 piala.

Sementara itu Hidayatullah Towuti yang merupakan juara bertahan dengan dua kali berturut meraih juara umum pada Jamwil sebelumnya, hanya memperoleh 21 piala setelah panitia mengumumkan hasil kemenangan dalam penutupan Jamwil.

Pelatih Pramuka Hidayatullah Towuti, Ustadz Abu Huraira menyampaikan bahwa kemenangan yang diraih oleh Santri Ponpes Hidayatullah Towuti sudah cukup memuasakan karena juara yang diraih telah melampau target yang direncanakan.

“Alhamdulillah kemenangan yang santri kita dapatkan pada Jamwil ini sudah cukup memuaskan. Meski tidak bisa mempertahankan juara umum, tapi hasil yang mereka peroleh sudah melebihi target yang direncanakan.” ungkap Ustadz Abu

Disamping itu, Al Bayan sebagai tuan rumah sangat wajar mendapatkan hasil tersebut sebab persiapan mereka pasti lebih matang, terlebih jumlah fiah merekapun lebih banyak, yaitu sembilan fiah semetara Ponpes Hidayatullah Towuti hanya menurunkan tujuh fiah.

“Tapi secara umum Pesantren Hidayatullah Al Bayan pantas mendapatkan juara Umum, kami optimis akan berupaya kembali merubut juarah umum paga kegiatan Jamwil selanjutnya,” tegas Ustadz Abu.(Ridwan Gagah/fir)

Berikut daftar lengkap medali yang diraih seluruh kontingen pada Jamwil III Sako Hidayatullah Sulsel :

Kategori SMA
Kategori SMP
Kategori SD



BACA JUGA