Monday, 31 October 2022 | 09:06 Wita

Laznas BMH Dukung Jambore Wilayah III Hidayatullah Sulsel dengan Ketersediaan Air

Editor: Firmansyah Lafiri
Share

HidayatullahSulsel.com — Program sumur air bersih Pondok Pesantren Ummul Qura Hidayatullah Maros dan warga Dusun Arra, Desa Tompobulu, Maros, Sulsel telah terlaksana.

Hadir meresmikan pengunaan air tersebut Bupati Maros, yang diwakili Camat Tampobulu, Perwakilan Poltek Ujung Pandang dan pembina Pondok pesantren Hidayatullah Ustadz Aziz Qahhar Mudzakkar.

Ketua Laznas BMH Sulsel, Kadir, menyampaikan bahwa program air yang dilaksanakan oleh lembaganya sudah ada di 8 titik, Bulukumba, Wajo, Belopa, Selayar, Parepare, Takalar,  Enrekang adapun di Maros kali ini air tersebut untuk melengkapi kebutuhan air bagi 800 peserta Jambore Pandu Pramuka wilayah 3 Hidayatullah Sulawesi Selatan pada Jumat-Ahad (28-30/10/22).

Sumber air yang berasal dari mata air tersebut miliki kolam tampung kapasitas 80 ribu liter dan kolam distribusi 40 ribu liter, program air terintegrasi tersebut diperuntukkan bagi santri Pondok Pesantren Ummul Qura Maros, untuk program lanjutan juga akan dimanfaatkan bagi warga sekitar dan kebutuhan penyiraman tanaman lingkungan atau agrowisata.

Ust Aziz mengatakan wilayah pesantren tersebut masih terus di kembangkan sebagai  bagian dari dukungan Tampobulu sebagai wilayah wisata. Keberadaan fasiltas air menjadi suatu yang sangat penting dan dibutuhkan untuk pemenuhan harian atau di setiap event kegiatan baik yang bersifat lokal atau nasional.

“Setelah kegaitan Jambore Wilayah yang dihadiri 800 peserta, ke depan kita akan mengadakan kegiatan serupa dengan kapasitas peserta lebih besar lagi,” ujarnya.  Ia menambahkan dari luasan lahan yang saat ini sudah ada 22 hektare, akan ada pembebasan lahan lanjutan untuk program pengembangan pesantren.(basori)



BACA JUGA