Thursday, 8 December 2022 | 14:17 Wita

Roadshow Bisnis Muslimpreneur Bersama Alfitrah Piama di Ponpes Hidayatullah Towuti

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

LUTIM, HidayatullahSulsel.com — Pengurus Asosiasi Pengusaha Muda Hidayatullah (APIDA) Sulsel menggelar roadshow seminar bisnis muslimpreneur di beberapa daerah di Sulsel.

Roudshow bisnis ini dikawal langsung Ketua APIDA Sulsel, Ustadz Ahmad Roa, dilaksanakan di lima kabupaten/kota selama lima hari 4-8 Desember 2022. Mulai di Kota Parepare, Kabupaten Barru, Luwu, Kota Palopo, Kabupaten Luwu utara dan berakhir di Luwu Timur.

Seminar yang mengangkat tema “Menjadi Pengusaha Sukses di Era Digital” ini difokuskan pelaksanaannua di pondok-pondok pesantren. Untuk langka awal mendatangkan pemateri tunggal dari pusat, yaitu BPP APIDA bidang ekonomi kreatif, Ustadz H Alfitrah Piama.

Pada kesempatan tersebut Owner Toko Ummi Maher atau disingkat TUM yang kemarin mendapat penghargaan dari Tik Tok karena sukses menjual busana dengan penjualan nomor satu di media sosial itu berbagi pengalaman bisnis kepada warga, santri dan jamaah hidayatullah di Ponpes Hidayatullah Towuti, Kamis, (8/12/2022).

Diawali dengan menyampaikan kisah tokoh ispiratif beliau pada Zaman Rasullah yang sukses di bidang ekonomi, seperti Zubair bin Awwam, Abdurrahman Bin Auf, Utsman bin Affan, Umar Bin Khattab hingga Abubakar Assiddiq.

Kelima tokoh muslim ini mampu menguasai pasar di setiap wilayah yang ditempati. Kegigihan dan fokus dalam ibadah di bidang bisnis inilah sehingga sampai saat ini namanya dikenal. Bahkan sampai mereka meninggalpun masih memberikan sedekah terbaik kepada banyak orang, seperti sahabat Ustman Bin Affan.

Meski mereka sukses sebagai pebisnis ulung dengan penghasilan miliaran bahkan triliunan, tapi ibadah kepada Allah Ta’ala adalah sesuatu yang utama. sebab mereka meyakini bahwa semua yang didapatkan bersumber dari Allah sang pemberi Rezqi.

“Itulah mengapa saya begitu mengidolakan tokoh inspiratif ini. terutama Abdurrahman Bin Auf,” Kata Ustadz Fitrah.

Lebih jauh Ustadz Alfitrah yang juga pemilik jasa Travel Haji dan Umroh MHU ini menyampaikan bahwa Abdurrahman bin Auf pernah mengatakan “Siapa yang menguasai pasar, maka mereka akan menguasai ekonomi.”

Pesan ini, sebagai seorang muslim perlu kita jadikan peluang. bahwa untuk menguasai ekonomi, kita harus menguasai pasar dulu, maka ketika Abdurrahman Bin Auf pertama kali injakkan kaki di Madina, kemudian ditawari modal usaha oleh salah seorang sahabat, Abdurrahman Bin Auf hanya menyampaikan “Tunjukan saja kepada saya dimana pasar di wilayah ini.”

Maka dalam waktu singkat, kurang lebih hanya dua tahun Abdurrahman Bin Auf mampu menguasai pasar Madinah kala itu dan mengendalikan kekuatan ekonomi di sana. Tentu juga tidak terlepas daripada kegemarannya berbagi kepada sesama.

Jadi keberhasilan yang diraihnya itu karena fokus. maka dikisahkan, Abdurrahmab Bin Auf kalau lagi ibadah di masjid, beliau fokus ibadah, kalau lagi di rumah, beliau fokus mengurus pekerjaan yang berkaitan dengan rumah begitu pula kalau di pasar, Abdurrahman Bin Auf Fokus dengan aktifitas bisnis di sana. beliau tidak mengerjakan pekerjaan lain ketikan berbisnis.

“Maka contoh para pengusaha muslim inilah salah satu bagian penting yang mengantarkan saya bisa bersedekah kurang lebih 100 juta per bulan. InsyaAllah target saya 1 milliar perbulan.” terang Alfitrah. (ridwan)



BACA JUGA