Friday, 6 January 2023 | 21:47 Wita

Keputrian Hidayatullah Parepare Gelar Daurah Tahsin

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

PAREPARE, HidayatullahSulsel.com — Pengurus Keputrian Hidayatullah Parepare bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah (LPIH) Parepare menyelenggarakan Dauroh Tahsin al-Qur’an, Rabu-Jumat (4-6/1/2023).

Daurah yang diikuti santriwati SMP-SMA dan Muslimat Hidayatullah Parepare itu dibuka oleh Ketua LPIH Parepare, ustadz Muhammad Erwin.

Koord Panitia Daurah Ustadzah Musyarrafah, menyampaikan, daurah tersebut dimaksudkan untuk memahamkan ilmu tahsin dan tajwid, meningkatkan kualitas bacaan al-Qur’an serta agar menambah kecintaan dan semangat dalam berQur’an.

Dauroh ini juga merupakan upaya pengamalan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari ‘Utsman bin ‘Affan, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

خيركم من تعلّم القرآن و علّمه

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya” (HR. Bukhari)

Dauroh dilaksanakan secara intensif selama 3 hari dengan menghadirkan ustadz Ahmad Syahril, S.Pd sebagai instruktur utama dan 4 ustadzah lainnya sebagai mentor.

Setiap mentor membimbing satu halaqoh yang terdiri dari 9 -16 peserta, mulai dari kelas 8 SMP hingga kelas 12 SMA dan juga ibu-ibu Muslimat Hidayatullah, yang seluruhnya berjumlah sekitar 50 orang. Para peserta dikategorikan dalam beberapa kelompok sesuai dengan kemampuan bacaan al-Qur’an.

Dalam sehari diadakan 3 kali pertemuan untuk tahsin al-Qur’an. Diantara kegiatan yang dilakukan yaitu berupa materi tajwid yang memakai modul matan Al-Jazariyah, talaqqi bacaan, dan motivasi. Para peserta diberikan materi makharijul huruf, sifaatul huruf juga itmaamul harakaat.

Pada Jumat sore 6 Januari 2023 dilaksanakan evaluasi untuk melihat bagaimana pemahaman materi dan perkembangan bacaan al-Qur’an peserta.

Gaitsa Aqilah dan Gita Purnama Sari merupakan dua peserta yang tuntas menyetorkan hafalan 3 bab dari matan Al-Jazariyah.
Setelah evaluasi, dilaksanakan acara penutupan dan dauroh ditutup secara resmi.(Musyarrafah)



BACA JUGA