Monday, 6 February 2023 | 14:54 Wita

Bupati Luwu Pastikan Semua Pesantren Terima Pendanaan Pemkab

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

LUWU, HidayatullahSulsel.com — Sebanyak 17 pimpinan pondok pesantren se-Kab Luwu diterima di Ruang Pertemuan Kantor Bupati Luwu, Senin (6/2/2023).

Didampingi oleh Kasi Pendis Kemenag Luwu, H Fakhruddin Umar MSi para pimpinan pondok pesantren menyampaikan aspirasi terkait dengan Pendanaan Pondok Pesantren sebagaimana yang tertuang dalam Perpres No. 82 tahun 2021.

Pertemuan diterima langsung oleh Bupati Luwu, DR H Basmin Mattayang ini berlangsung cukup hangat, diselingi dengan canda tawa yang menunjukkan tak ada sekat antara pemda dengan pesantren.

Dalam aspirasinya, pihak pesantren yang diwakili oleh Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Luwu Drs Pahruddin MPd menyampaikan keinginan para pimpinan ponpes yang berharap agar pihak Pemda Luwu bersedia mengalokasikan dana APBD untuk pembangunan asrama dan Bantuan Operasional Pesantren.

Menanggapi hal tersebut, Bupati langsung menghadirkan Asisten 1 bidang Kesra dan Asisten 2 bidang Pembangunan.

Dalam penyampaiannya, Basmin sangat mengapresiasi adanya pertemuan seperti ini. Bahwa pemda dan pesantren bisa bersinergi dalam mencerdaskan anak-anak dan masyarakat Luwu pada umumnya.

Ia berharap agar pihak pesantren bisa lebih menampakkan diri di masyarakat dengan menghasilkan output yang berkualitas dan bisa berguna di tengah-tengah masyarakat.

“Santri dan alumni pesantren harus tampil di masyarakat memberikan pencerahan
dan pengajaran Al-Qur’an. Luwu ini dikenal sebagai daerah yang religius. Kami sudah menggalakkan Gerakan sejuta Qur’an, saya tidak mau ada 1 rumah muslim, yang tdk punya Qur’an, ” katanya.

Ia juga berjanji akan mengupayakan di 2024, semua pondok pesantren akan dibantu secara bertahap.

“Di 2023 ini, Pesantren Salubanga sudah kami bantu. insya Allah di 2024 yang lain juga akan dibantu, tapi secara bertahap,” janjinya.

Bupati tak lupa mengingatkan agar semua persyaratan untuk mendapatkan bantuan dipenuhi, utamanya Izin Operasional Pondok Pesantren dan sertakan master plan kebutuhan pondok seperti RKB atau asrama.

Di akhir pertemuan, Bupati Luwu berkenan menyerahkan langsung Piagam Izin Operasional kepada para pimpinan pondok pesantren.

Pimpinan Ponpes Hidayatullah Belopa Ust Hamzah Sulthan yang juga sekaligus Ketua DPD Hidayatullah Luwu sangat antusias menyambut pernyataan dari Bupati Luwu.

“Sejalan dengan program kerja Hidayatullah Luwu, kita akan menjawab tantangan ini dan bersinergi dengan Pemkab Luwu untuk menghadirkan Rumah Qur’an di sejumlah daerah di Kabupaten Luwu.” harapnya. (hbs)


*) Bantu penyelesaian Asrama Tahfidz Hidayatullah Belopa  dengan berdonasi ke :
Rekening
Bank BRI No. Rek : 499101013562535 a.n: Yayasan Al Jihad Hidayatullah Belopa

Bank BSI No. Rek : 454-555-555-2
a.n: Pesantren Hidayatullah Belopa

Bank Sulselbar No. Rek : 092-202-000004492-7 a.n: Pesantren Hidayatullah Belopa

INFO & DONASI
WA / Telpon 0852-3127-5664 / Ust. Hamzah Sulthan



BACA JUGA