Friday, 10 February 2023 | 16:29 Wita

Ust Jamal Nur, Ustad Pejuang itu Telah Pergi

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

Oleh: Ust Sarmadani, Ketua DPD Hidayatullah Sidrap

HidayatullahSulsel.com – “Innalilahi wa Inna ilaihi rojiun. Selamat Jalan Kandakuuu
Daeng Jamaluddin Nur Batam
Saya bersaksi kanda Orang baik dan Sholeh. Insya Allah surga u Daeng.”

Ini status FB seorang kawan, Sutiar, Ketua DPD Hidayatullah DKI. Tanpa sadar, air mata ini menetes. Kenapa orang baik seperti itu begitu cepat pergi…

Ustad Jamal Nur, ustad pejuang itu telah pergi, baru saja. Jumat siang ini, (10/02) di Batam. Aku tidak begitu dekat dengan beliau. Tapi beliau dekat dengan semua orang.

“Apa kabarnya Dinda?” ungkap beliau menanyakan kabar ku. Entah seberapa sering beliau menelpon. Hanya sekedar menanyakan kabar. Saya kadang malu, karena beliau, yg senior, yang Ustad Kabir, yang menelpon duluan.

Beliau orang Jeneponto, asli Makassar. Dari Makassar, hijrah ke Gunung Tembak, Hidayatullah Balikpapan. “Saya dipengaruhi Ustad Aziz Qahhar untuk masuk Hidayatullah” ungkap beliau suatu waktu.

Masuk pesantren, beliau seperti sosok Singa Padang Pasir. Asli Jeneponto nya nampak, dibingkai dengan manhaj nubuwah Hidayatullah, sistematika Wahyu. Hal itu bisa terlihat dari ceramah-ceramah beliau yang selalu bertema al Alaq. Iqra bismirabbik nya saban hari menggetarkan podium.

Dari Balikpapan, beliau bertugas untuk merintis Hidayatullah Batam dari nol, hingga kini memiliki 5 kampus.

Di tangan beliau, Hidayatullah Batam berkembang pesat, sehingga secara fisik, Hidayatullah Batam termasuk Hidayatullah yang sangat berkembang.

Ada hal sangat menarik dari beliau, yakni sangat mudah dalam bergaul. Mulai dari kaum melarat, teman sejawat, kerabat, aparat dan pejabat, semua terasa dekat dekat dengan beliau.

Jasa dan amalan beliau begitu banyak. Semoga Allah menerima segala amalan dab ibadah beliau. Husnul khatimah Ustad Jamal.
(Abu Fathun)


Tags: