Thursday, 23 February 2023 | 16:41 Wita

SDIT Al Hikmah Bone Outdoor Learning, Pelajari Pembuatan Kapal di Bajoe

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

Bone, HidayatullahSulsel.com — SDIT Al Hikmah Hidayatullah Bone kembali melaksanakan kegiatan outdoor learning (outing class), Kamis (23/2/2023). Outdoor learning dilaksanakan di Bajoe, tempat pembuatan kapal.

Siswa yang diikutsertakan dalam kegiatan ini terdiri dari siswa kelas 1 dan kelas 4 SD.

Para siswa mengamati proses pembuatan kapal. Siswa kelas 1 diberi tugas menggambar sesuai apa yang diamati. Sedangkan siswa kelas 4 diberi tugas mewawancarai pembuat kapal.

“Untuk membuat satu kapal biasanya memakan waktu sampai 3 bulan. Kapal kami biasa berlayar sampai Papua, biasa juga sampai di Lombok. Kapal ini dipakai untuk mencari telur ikan Layang. Setiap kapal kami didaftarkan dulu namanya baru bisa digunakan,” ujar para pembuat kapal.

Selain melihat pembuatan kapal, para siswa juga melihat warga di sekitar mencari kerang. Bahkan ikut mencari kerang, kepiting, bersama warga.

Kegiatan belajar mengajar tidak hanya dilaksanakan di kelas, namun pengalaman seperti ini lebih merangsangnya pengetahuan siswa,” jelas seorang guru pendamping.

Kegiatan outdoor learning serupa sebelumnya dilaksanakan juga bagi kelas 5 dan 6 pada Senin lalu. Dan kelas 2 dan 3 pun melaksanakan Outdoor learning 2 pekan lalu. Outdoor learning kelas 2,3, 5 dan 6. Dilaksanakan di perpustakaan Daerah Bone.(dwi)



BACA JUGA