Friday, 24 March 2023 | 18:35 Wita

Diskusi Zakat Laznas BMH, Hadirkan Akademisi UIN Alaudin Makassar

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

HidayatullahSulsel.com — Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) melaksanakan pembinaan relawan Ramadhan dan Amil.

Kegiatan yang dilaksanakan di Jalan Tamalanrea Blok M No 27 BTP tersebut diisi oleh akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Alaudin Makassar, Ustadz Dr Nasrullah Sapa Lc MA, Jumat (24/3/2023).

Dalam paparan tentang fiqih zakat, pengurus Komisi Fatwa MUI Sulsel itu menyampaikan pentingnya jawaban dari problematika pelaksanaan zakat di masyarakat. Karena zakat memiliki kekhususan seperti batasan minimal, maupun siapa yang berhak yang menarima.

“Amil memiliki kewajiban untuk memberikan literasi kepada muslim yang telah wajib zakat,” ujar Ketua DPD Hidayatullah Makassar tersebut.

Ia mencontohkan, zakat fitrah yang disalurkan di awal Ramadhan menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang miskin untuk kemudian mereka mampu memenuhi makanannya dan membayarkan zakat fitrah dirinya.

Kegiatan jelang berbuka puasa  yang dilakukan secara hybrid, disemarakkan diskusi, para Amil banyak memberikan pertanyaan terkait dengan fiqh kontemporer zakat, seperti zakat perusahaan, zakat profesi, hadiah lainnya.

Ketua Divisi Operasional Laznas BMH Sulsel, Aditya menyampaikan kegiatan diskusi itu untuk menyegarkan ingatan terkait fikih zakat, sekaligus mencari jawaban atas pertanyaan dari para muzakki.(basori)



BACA JUGA