Wednesday, 29 March 2023 | 13:09 Wita

Peran Ziswaf bagi Perubahan dan Perbaikan Masyarakat Maros

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

Oleh : Fatahillah Al Ayubi, Ketua BMH Gerai Maros

HidayatullahSulsel.com — Alhamdulillah Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Gerai Maros senantiasa berikhtiar menguatkan masyarakat melalui gerakan Zakat Infak sedekah dan wakaf (ZISWAF). Maka visi menuju Maros Keren dengan Zakat adalah konsentrasi Laznas BMH

Secara empirik peran zakat mampu memberikan kontribusi dalam memajukan kesejahteraan masyarakat, ini terbukti di era pemerintahan Umar bin Abdul Aziz, ketika itu lembaga zakat kesulitan mencari penerima zakat.

Bahkan sebuah referensi mengungkapkan, ketika Amil menyalurkan ke mustahiq ( penerima zakat ), tahun berikutnya mustahiq tersebut telah menjadi Muzakki.

Perubahan dan perbaikan dapat terwujud dengan dukungan penguasa, Umar bin Abdul Aziz dikenal penguasa yang adil mementingkan rakyatnya, jujur, zuhud dan takut kepada Allah, sehingga kondisi keuangan negara sangat stabil dan rakyatnya sejahtera.

Diperkuat dengan amil-amil yang tangguh dan jujur, pendistribusian sangat baik dan tepat sasaran,

Alhamdulillah di Maros, BMH bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakat, hasilnya ada 4 tanah wakaf dijadikan pusat perubahan dan perbaikan melalui gerakan pendidikan dan dakwah, juga dari hasil infak dan zakat masyarakat, dibuatkan program pendidikan gratis berkualitas, beasiswa yatim dhuafa, dan pemberdayaan da’i.

Maka sejatinya masyarakat menyalurkan ziswafnya melalui (amil) lembaga resmi, sehingga dapat meningkatkan kualitas kesejahteraan para penerima manfaat dari ZISWAF tersebut, karena lembaga Amil Zakat telah menyusun pengelolaan dengan profesional dan proporsional.

Zakat memiliki manfaat dan hikmah yang luar biasa, secara harfia zakat bermakna suci bersih, berkembang, artinya seseorang yang suka berzakat, maka akan bersih dan tentram hati, fikiran dan jiwanya. Seorang yang gemar berzakat akan berkembang hartanya.

Allah SWT berfirman dalam Q.S At-Taubah ayat 103 sebagai berikut:

خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Mengeluarkan zakat akan meraih kemenangan dan keberkahan, hikmah zakat akan membuat seseorang memiliki etos kerja yang tinggi. Artinya seseorang yang berzakat pasti ia bukan orang malas, memiliki kinerja yang baik. Ia akan berupaya mencari rezeki yang halal, bersih, dan diridhoi Allah Azza wajalla

Zakat juga akan membangun etika seseorang dalam mencari rezeki, orang yang suka berzakat tidak mencari rezeki sembarangan, tidak akan korupsi, curang, mempermainkan takaran timbangan, ia akan menjaga kwalitas barang dan selalu mengikuti aturan.

Tidak mungkin orang yang suka berzakat berusaha di bidang yang diharamkan, seperti miras, perjudian, dan semua dilarang. Zakat membangun etika kerja, berakhlak dalam bekerja, hanya rezeki yang halal yang dicari. Luar biasa pengaruh positif nya zakat terhadap kepribadian muslim.

Ketiga mengembangkan harta yang kita miliki. Misalnya ia memiliki penghasilan 10.000.000 maka dikurangi 2,5% = 250.000, kelihatan berkurang, tapi Allah menegaskan yang mengeluarkan hartanya maka Allah akan mengembangkan hartanya.

Maka harus tertanam di diri kita, kalau ingin kaya maka jadilah orang yang suka berzakat, kaya yang menghadirkan kebahagiaan dan ketenangan dunia dan akhirat, dengan senantiasa berzakat, berinfak, dan wakaf

Zakat juga bagian kepedulian kepada sesama terutama mustahik. Olehnya kami mengajak seluruh masyarakat Maros agar kiranya kita berjamaah membangun jiwa raga Maros dengan senantiasa gemar berzakat dan berinfak.

Mari dukung Laznas BMH dalam rangka mensukseskan masyarakat Maros lebih sejahtera jiwa raganya.(*)

*) Kantor Laznas BMH Gerai Maros. Jl. Jenderal Sudirman No.27 Kec. Turikale (Depan kantor pajak Pratama) Hp/ WA 0813-5634-4450 / 0821-9530-3065



BACA JUGA