Sunday, 2 April 2023 | 13:17 Wita

Menebar Benih Kebaikan di Kawasan Minoritas Muslim Toraja Utara

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

HidayatullahSulsel.com — Toraja Utara adalah salah satu kabupaten yang ada di wilayab provinsi Sulawesi Selatan. Memilkki luas daerah 1.151 KM2, terbentuk sejak 26 Novenmbet 2008 yang lalu dan merupakan daerah pemekaran Kabupaten Tana Toraja.

Sebagai daerah yang memiliki jumlah penduduk 261.086 jiwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik Toraja Utara tahun 2021. Dari total jumlah penduduk di atas 4,45% adalah penduduk yang beragama Islam.

Wajar jika kemudian daerah ini menjadi target para aktivis dakwah yang beramai-ramai datang melakukan kegiatan dakwah dan pembinaan, tak terkecuali Hidayatullah. Karena memang Toraja Utara butuh sentuhan yang sangat serius dalam hal pembinaan maayarakat muslimnya.

Adalah Ikhsan Shaleh kelahiran Toli-Toli 35 tahun silam, mendapatkan tugas dakwah dari DPW Hidayatullah Sulsel sekaligus merintis terbentuknya Pesantren Hidayatullah Toraja Utara. Ia mendapat SK penugasan sejak Januari 2022 yang lalu.

Dengan bermodalkan ketaatan sebagai seorang kader Hidayatullah Ikhsan meninggalkan tempat tugas sebelumnya yaitu Desa Sampeang Luwu yang juga dirintisnya dari sejak awal. Bagi Ikhsan, tak ada artinya kemewahan dan kesenangan jika kemudian ketaatan menjadi sesuatu yang remehkan di lembaga Hidayatullah yang tercinta ini.

Matahari pasti kan bersinar dan rembulan akan tetap memancarkan cahanya, begitu kata pepatah mengatakan. Istiqomah dan mujahadah Ikhsan bersama kawan-kawan dan keluarga yang setia mendampinginya mulai mengundang keberkahan Allah SWT.

Alhamdulillah seorang warga muslim Toraja yang berdomisli di Palu sebagai Anggota DPRD Sulteng H. Zaenal Abidin namanya, rela meminjamkan rumahnya yang tergolong besar dan mewah untuk digunakan sebagai Markas Dakwah Hidayatullah terletak di Kecamatan Sa’dang Toraja Utara. Meski rumah tersebut sedikit agak menyeramkan karena cukup lama tidak ada yang huni, namun bagi Ikhsan itu bukanlah masalah besar bahkan masih bisa diatasi.

Selama lebih setahun bertugas di Toraja Utara Ikhsan mulai melakukan penetrasi dan pendekatan kepada tokoh-tokoh masyarakat, agama dan pemerintah setempat. Bahkan dengan TNI dan Polri terbukti dengan adanya beberapa kegiatan yang telah dipercayakan kepadanya, yakni Pengelolaan TK/TP Al-Qur’an di Masjid Kodim dan masjid lainnya, pembinaan ibu-ibu majelis taklim Koramil, serta melayani khotib Jumat di beberapa masjid.

Dengan semangat dan tekad yang tinggi serta senantiasa diiringi doa dan ikhtiar kepada Allah Ust Ikhsan tetap yakin bahwa suatu saat akan ada hamba Allah yang dikirim ke Toraja Utara untuk menghibahkan tanahnya dijadikan lokasi pesantren.

Meski sesungguhnya untuk mendapatkan lokasi pesantren di daerah minoritas muslim tersebut amatlah sulit, Terbukti tidak semua lembaga-lembaga Islam di sana memiliki lokasi kegiatan baik pesantren ataupun lokasi pendidikan.

Doa dari seluruh jama’ah sangatlah kami harapkan, agar kami dapat segera mewujudkan program pendirian Pesantren Hidayatullah di Kab. Toraja Utara. (Imran Djufri/*)



BACA JUGA