Saturday, 20 May 2023 | 21:00 Wita

Manusia Mulia Bukan Karena Ibadah dan Amal Sosialnya

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

Oleh : Ustadz Yusuf Gatti, Anggota Badan Pembina Hidayatullah Towuti, Luwu Timur

HidayatullahSulsel.com — Manusia itu mulia bukan karena ibadahnya kepada Allah atau kemampuannya menjaga bumi serta memiliki amal sosial yang banyak kepada manusia, sebab kalau kemuliaan manusia diukur dengan itu maka ada banyak makhluk Allah yang lebih pantas dan menguasai itu.

Jika ibadah adalah ukuran kemuliaan manusi, siapa yang bisa menandingi ketaatan malaikat dalam beribadah. Tidak ada satupun perintah yang Allah Ta’ala sampaikan yang mereka bantah, semua dilaksanakan secara sempurna.

Pun demikian dengan perintah Allah kepada manusia untuk menjaga bumi. Lalu apakah tugas itu menjadikan manusia mulia di sisi Allah Ta’ala ? Mungkin iya tapi belum tentu mampu menandingi makhluk lain seperti misalnya cacing yang bisa menyuburkan tanah untuk kepentingan hidup manusia.

Lalu kemulian manusia dengan amal sosial dan lain sebagainya. Matahari, rembulan, gugusan bintang, itu semua sempurna menjaga dan merawat alam bumi ini.

Lalu manusia dikatakan sempurna itu dari sisi mana? Manusia itu mulia sebab kita bisa mengurus agama Allah di muka bumi ini. Keterlibatan kita dalam mengurai mekanisme perjuangan itulah yang dinilai oleh Allah.

Kaitannya dengan program yang dikerjakan di lembaga ini adalah pekerjaan mulia yang merupakan bagian dari mengurus agama Allah. Sehigga kita harus terlibat dengan ikhlas semata-mata mengharap ridho dari Allah Ta’ala.

Kita tidak perlu tegang menghadapi dan melaksanakan program lembaga ini kerena semua urusan kita serahkan kepada Allah. intinya kita cukup terlibat dengan ikhlas serta niat kita tulus kepadaNya maka Allah akan memberikan pertolongannya.(ridwan)

*) Disarikan dari tausiyah spirit kelembagaan kepada pengurus yayasan dalam Rapat Gabungan Pembina, Pengawas dan Pengurus Yayasan Hidayatullah Towuti di Kampus Madyah Hidayatullah Towuti, Luwu timur, Kamis, (18/5/2023).