Wednesday, 3 August 2022 | 06:39 Wita

Perayaan Tahun Baru Islam, Santri Hidayatullah Pangkep Ramaikan Pawai Obor

Editor: Firmansyah Lafiri
Share

PANGKEP, HidayatullahSulsel.com — Perayaan Tahun Baru Islam, santri Hidayatullah Pangkep hadir dan meramaikan Pawai Obor yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Pangkep. Pawai dimulai di Rumah Jabatan Bupati dan dilepas oleh Bupati Muhammad Yusran Lalogau (MYL) bersama ribuan masyarakat dan ASN, Selasa malam(2/8/2022).

Ketua Yayasan Dinul Kamil Al-Mujahirin Hidayatullah Pangkep Ust Karding menyampaikan kepada santri pawai Muharram ini diadakan antara lain memperkenalkan santri tentang tahun baru Islam.

“Terdapat pembelajaran karakter yang bisa didapatkan terkait rasa empati dan momen yang penting setiap tahunannya yang bisa kita tanamkan di sanubari santri bahwa penanggalan yang harus kita ketahui bersama penanggalan Islam sangat berkaitan syariat syariat lain seperti misalnya syariat puasa berdasarkan hijriah,” tutupnya.

Bupati MYL didampingi istri Nurlita Wulan Purnama, Forkopimda berjalan bersama ribuan warga berkeliling Kota Pangkajene membawa obor.

Dikatakan MYL, pawai obor ini merupakan bentuk syiar peringatan tahun baru Islam 1444 hijriah. Selain pawai obor, sejumlah kegiatan lainnya juga dilaksanakan untuk menyemarakkan tahun baru Islam tahun ini.

Bekerjasama dengan panitia hari besar Islam (PHBI), badan kontak majlis taklim (BKMT) dilaksanakan lomba salawat Badar dan qasidah. Juga akan dilaksanakan zikir dan doa bersama.

“Saya berharap, peringatan 1 Muharram 1444 hijriah dapat kita jadikan sebagai momentum lebih memacu diri dalam beraktifitas, belajar lebih giat, berusaha lebih bersungguh-sungguh. Semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” katanya.

Pawai obor semarak tahun baru Islam mengusung tema, “Dengan semarak Muharram tahun 1444 H kita kobarkan semangat hijrah menuju masyarakat Pangkep yang hebat dan religius.”

“Semoga dengan dengan kesungguhan dan kebersamaan kita semua, maka hal tersebut insyaallah akan kita capai,” tambahnya.

Usai berjalan, bupati dan rombongan pawai obor kembali ke halaman rujab bupati Pangkep menyaksikan penampilan qosidah dari majelis taklim.(Karding)



BACA JUGA