Tuesday, 25 January 2022 | 08:27 Wita

Rintis Kemandirian Pesantren, Hidayatullah Sidrap Budidaya 10.000 Ikan Nila

Editor: admin
Share

SIDRAP, HidayatullahSulsel.com — Kemandirian pesantren tidak cukup hanya dengan mengutamakan kegiatan social dan pendidikan. Pesantren yang mandiri juga harus ditunjang dengan kemapanan ekonomi. Dalam upaya penguatan ekonomi kepesantrenan, Hidayatullah Sidrap mencoba mengembangkan budidaya ikan nila.

“Kita harus berdaya, dengan membangun kemandirian ekonomi, salah satu usaha yang paling cepat kita lakukan adalah budidaya ikan nila”ungkap Ketua Yayasan Darul Quran Hidayatullah Sidrap, Ust Sarmadani, Selasa (25/1/2022).

Budidaya ikan nila ini dilakukan dengan memaksimalkan dua petak empang yang ada di pondok. Empang yang ada cukup luas, empang pertama bagian atas, dengan ukuran 30 x 40 meter, dan empang kedua 30 x 15 meter. Jika semua empang ini diisi, bisa menampung 10 ribu ekor nila.

Sebagai tahap awal, Yayasan Darul Quran melepas 2.000 ekor ikan nila, dari 10.000 ekor yang direncanakan. Pelepasan bibit ikan Nila ini mulai dilakukan pada Ahad lalu, (22/01) dengan mengambil bibit ikan dari salah seorang jamaah di Bulucenrana. Pelepasan perdana secara resmi dilakukan oleh Bapak Hasan, salah seorang simpatisan Hidayatullah Sidrap yang ingin melihat usaha ikan nila di pondok ini berkembang.

Rencananya, budidaya ikan nila ikan juga akan dipaketkan dengan usaha Mancing Religi. Mancing ikan nila yang syar’i. dan jika dengar adzan, yang mancing harus segera bergegas ke masjid. Semoga usaha ikan nila ini bisa berjalan sukses dan berkah.(abu fathun mubarak)