Friday, 18 February 2022 | 14:27 Wita

Diklat SAR IV Hidayatullah Sulsel, Kader Relawan Tanggap, Tangguh dan Terdepan Jaga NKRI

Editor: admin
Share

BULUKUMBA, HidayatullahSulsel.com — “Melalui Diklat ini kita tarketkan mendidik dan mengkader relawab yang tabggap, tangguh dan terdepan menjaga NKRI (Indonesia),” tegas Ketua DPW Hidayatullah Sulsel ustadz Drs Nasri Bohari MPd dalam sambutan pembukaan Diklat angkatan ke-4 SAR Hidayatullah Sulawesi Selatan, Jumat (18/2/2022).

“Negara yang tercinta ini adalah warisan para pendiri bangsa dari kalangan ulama, da’i dan santri pejuang kemerdekaan untuk terus kita jaga kedaulatannnya dengan segala keberagaman penduduknya. Olehnya dibutuhkan ketanggapan dan ketangguhan fisik dan mental yang mumpuni dan materi-materi itulah yang akan kita dapatkan dalam Diklat ini”, kata Nasri.

Menurutnya, penyiapan tim SAR yang tangguh dan tanggap merupakan bentuk pengabdian Hidayatullah pada negara ini, sehingga menjadi terdepan memberi sumbangsih, hadir dengan solusi pada situasi bencana dan masalah yang dibutuhkan rakyat.

Diklat SAR IV Hidayatullah dilaksanakan di Appalarang, Bulukumba, diikuti total 50 peserta utusan beberapa daerah se-Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Ketua Umum (Ketum) SAR Hidayatullah Pusat, Irwan Harun, yang hadir langsung dalam Diklat ini mengatakan, “Dalam memenuhi target yang diharapkan ketua DPW tersebut kita sudah menyiapkan materi dasar yang meliputi Water Rescue, Vertical Rescue, MFR (Medical First Responden), serta navigasi darat.”

“Juga satu hal yang menjadi ciri khas kader SAR Hidayatullah adalah kematangan mental dan spiritualnya, makanya tim instruktur akan menjaga full 24 jam selama Diklat berlangsung, untuk menjamin halaqahnya, baca qur’annya, qiyamullailnya tetap optimal,” terang Irwan.

Dengan integrasi materi fisik dan mental tersebut itulah lulusan dari Diklat tersebut tercapai sesuai target yakni relawan yang disiplin, kompak dan jiwa korsa.

Hadir membersamai Ketum SAR di pembukaan Diklat SAT tersebut Saharuddin Yusuf (Pembina SAR Hidayatullah Pusat), Alfarobi Nur Karim (Kadiv. Diklat SAR Pusat) beserta tim instruktur SAR Hidayatullah Pusat dan wilayah.■ sumariadi



BACA JUGA