Monday, 4 July 2022 | 09:57 Wita

Daurah Bahasa Arab Ponpes Hidayatullah Parepare, Asa sebagai International Boarding School

Editor: admin
Share

PAREPARE, HidayatullahSulsel.com — Tim Keputrian Pondok Pesantrwn Hidayatullah Parepare menyelenggarakan Daurah Bahasa Arab dirangkaikan dengan rihlah santri.

Kegiatan bertema “Fasih Bahasa Arab Sehat Jasmani Menuju Santri Rabbani yang Unggul” dilaksanakan di Aula asrama santri putri pondok pesantren Hidayatullah Parepare, 30 Juni-7 Juli 2022.

Daurah dan rihlah tersebut diikuti oleh seluruh santri putri Hidayatullah Parepare, ustdzah-ustdzah, pengasuh dan pembimbing keputrian.

Pemateri dalam acara daurah bahasa Arab ini dibawakan oleh ustdzah-ustdzah handal dalam bidang bahasa Arab yakni ustdzah Humairah Tusholihah SPd.I dan Ustdzah Humaira Amir, SPd.I.

Daurah bahasa Arab ini merupakan program untuk mengisi waktu libur akademik. Selain itu kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan branded sekolah yakni Internasional Boarding School (IBS) dengan menjadikan bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari untuk santri.

Dalam sambutannya Kepala Sekolah SMA Hidayatullah Parepare Ahmad Syahrir SPd memotivasi seluruh santri dengan mengutip perkataan Umar bin Khattab “Ta’allamul arabiyyah fa innaha min dinikum” Pelajarilah bahasa Arab karena ia adalah bagian dari agama kalian.

“Itulah mengapa Bahasa Arab sangat penting dan perlu kita pelajari karena ia merupakan sarana untuk lebih memahami agama, memahami kitab suci al-Qur’an, dan saya sangat yakin bahwasanya kita kelak dapat melahirkan kader militan di kampus Hidayatullah Parepare ini sebab penghafal qur’an tidak boleh lepas dari bahasa Arab,” ucap ustdz Syahrir.

Di kesempatan yang sama Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Parepare ustdz Abdul Jabbar SE saat membuka daurah tersebut mengatakan daurah bahasa Arab ini akan memicu bakat-bakat santri.

“Meskipun dengan waktu yang singkat ini tidak menjamin santri untuk fasih berbahasa Arab namun ia akan menjadi stimulus agar santri terus semangat belajar bahasa Arab,” harapnya.

Daurah bahasa Arab ini tambahnya, bekal untuk santri nantinya menjadi ibu. “Karena Al ummu Madrasatul Ula dengan mempersiapkan diri untuk menjadi ibu yang terbaik dari sekarang, memperbanyak belajar maka akan melahirkan generasi-generasi Islam yang hebat,” ujarnya.

“Kegiatan akan ditutup dengan kegiatan rihlah. Diharapkan dengan rihlah tersebut santri bisa refreshing, menyegarkan pikiran sehingga lebih bersemangat dalam menyambut tahun ajaran baru,” tambah Wakil LPIH keputrian Irmayanti.■ irma



BACA JUGA