Friday, 29 July 2022 | 07:36 Wita

Ust Fatahillah : Kemuliaan, Urgensi Menuntut Ilmu

Editor: admin
Share

MAROS, HidayatullahSulsel.com — Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hidayatullah Maros menugaskan para dainya untuk mengisi khutbah di sejumlah masjid di wilayah Kabupaten Maros.

“Penugasan ini bagian dari gerak dan upaya Hidayatullah Maros menggerakkan dalam rangka mencerdaskan ummat melalui gerakan pendidikan dan dakwah,” jelas Ketua DPD Hidayatullah Maros, Ust Drs Muhammad Kaisar.

Di antara dai yang diutus Departemen Dakwah Hidayatullah Maros, ust Fatahillah di utus di Masjid Baitul Karim Kecamatan Tanralil perumahan D Queen, menyampaikan khutbah dengan tema Urgensi Menuntut Ilmu, Jum’at (29 /7/2022).

Menurut putra Asli Pinrang ini, urgensi menuntut ilmu ini diisyaratkan dalam surat Al Alaq ayat pertama. Alquran yang pertama diwahyukan kepada Rasulullah ﷺ adalah surat Al Alaq. Berikut inti sari khutbah yang disampaikan :

Melalui Surah Al Alaq dapat kita pahami untuk menjalani setiap kehidupan dibutuhkan ilmu, seperti halnya bangunan masjid ini bisa terbangun dengan baik dan benar karena adanya ilmu dalam hal membangun.

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap Muslim, tambahnya, untuk benar-benar serius menuntut ilmu agar dapat menjalankan setiap perintah Allah dengan baik dan benar, juga menjauhi larangan Allah dengan maksimal.

Membaca merupakan gerakan pendidikan sumber kekuatan ummat Islam, menjadi cahaya terang untuk kemajuan generasi karena seorang yg memiliki iman dan ilmu menjadi istimewa dalam pandangan Allah sebagaimana firmanNya

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

“Allah akan mengangkat kedudukan orang-orang yang beriman dan diberi ilmu di antara kalian beberapa derajat.” (QS Al Mujadilah ayat 11)

Untuk menguatkan keimanan maka cara terbaik dengan memahami setiap perkara yang berkaitan dengan keseharian. Satu indikator seorang dikehendaki kebaikan maka Allah akan berikan jalan untuk memahami agama, bukan diberikan harta atau wanita

مَن يُرِدِ اللهُ به خيرًا يُفَقِّهْه في الدينِ

“Siapa yang Allah kehendaki kebaikan baginya, Allah akan memahamkannya dalam agama.” (HR Bukhari dan Muslim

Di antara keutamaan ilmu juga Nabi diajarkan oleh Allah bahwa yang perlu ditambahkan dalam hidup ini adalah ilmu

وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا “Dan katakanlah wahai Muhammad: Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu.” (QS Thaha ayat 114)

Kita juga dimotivasi oleh Nabi agar terus bersemangat dalam menjalani hidup ini dengan berupaya maksimal mencari ilmu

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah memudahkan untuknya jalan menuju surga.” (HR Bukhari dan Muslim).

Setelah khutbah Ust Fatahillah melanjutkan menyampaikan amanah donatur berupa berbagi nasi bungkus.(*)