Saturday, 25 February 2023 | 14:07 Wita

BTH Percontohan Koperasi di Bone Terapkan Sistem Layanan Digital

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

Bone, HidayatullahSulsel.id — Baitut Tamwil Hidayatullah (BTH) Cabang Bone menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2022 di ruangan Abdullah Said Pondok Pesantren Hidayatullah Bone, Sabtu, (25/2/2023).

RAT yang dilaksanakan secara offline dan virtual itu dihadiri Kadep. Ekonomi dan Aset DPW Hidayatullah Sulawesi Selatan, Ust Imran Jufri SPdI, Dinas Koperasi Bone diwakili Sekretaris Dinas, Andi Wahyuddin SE, Ketua DPD Hidayatullah Bone, Ust Burhanuddin Jabbar MPd serta sejumlah anggota BTH Bone.

Dalam sambutannya, Ketua BTH Bone, Ust Muh Jamil MPd menyampaikan, BTH Bone pada awalnya bernama Koperasi Pesantren Hidayatullah Bone, oleh karena BTH adalah program nasional Hidayatullah maka tahun 2022 terjadi perubahan nama menjadi BTH Bone yang menganut satu sistem aplikasi yaitu IBSS. Per 31 Desember memiliki 2022 lalu menghimpun 98 anggota.

“Ketika berubah nama menjadi BTH dengan sistem aplikasi yang terpusat, maka terjadi peningkatan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang cukup drastis. Di 2020 ke 2021 hanya naik 63,21%. Sedangkan menjadi BTH meningkat drastis pada 2021 ke 2022 menjadi 864,97%. Tentunya ini hasil yang cukup menggembirakan,” urainya.

Di 2023 ini, BTH Bone akan mengembangkan usaha mikro yakni air mineral Sanhid Water dan budidaya ikan air tawar dengan sistem bioflok.

Ketua DPD Hidayatullah Bone, Ust Burhanuddin, mengaku, sangat bersyukur dengan hadirnya BTH karena dapat membantu kebutuhan mendasar dalam memudahkan pergerakan dakwah dalam bentuk armada motor para dai.

“Saya ketika bertugas tahun 2006 di Al Bayan Hidayatullah Makassar, sangat bercita-cita untuk memiliki motor dan mencari siapa yang bisa bantu membayar cash dimana nantinya dicicil per bulan,.Karena gaji di pesantren pada saat itu tentunya tidak memadai untuk membeli motor. Dan Alhamdulillah setelah menunggu sekian lama, terealisasi melalui BTH dan sangat membantu dalam berdakwah,” kisahnya.

Ust Imran Jufri dalam sambutannya mengapresiasi usaha dan kerja keras pengurus BTH Bone yang merangkak dari Kopontren hingga menghasilkan SHU di atas Rp 30-an juta di 2022 lalu.

Ia juga mengingatkan untuk ketat melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kewajiban anggota, pembiayaan, serta usaha-usaha yang telah direncanakan di 2023 ini.

Sementara itu, Kadis Koperasi Bone yang diwakili oleh Sekretaris Andi Wahyuddin, SE mengatakan bahwa satu-satunya koperasi yang melakukan program Digitalisasi di Bone hanya di koperasi BTH Bone. “Ini bisa menjadi contoh bagi koperasi-koperasi se Kabupaten Bone,” tuturnya.

Ia juga mengapresiasi anggota BTH Bone yang sudah sadar akan keberadaan koperasi ini dibanding dengan koperasi-koperasi lainnya, acuannya adalah dengan melihat peningkatan SHU setiap tahunnya.

Andi Wahyuddin berharap adanya penambahan anggota sehingga semakin banyak yang bergabung menjadi anggota maka akan semakin menguatkan keberadaan koperasi ini.

Dalam RAT kali ini, BTH Bone di tahun 2023 menargetkan peningkatan SHU sebesar 30 persen dari tahun sebelumnya.
(Reskyaman)


Tags: