Thursday, 21 July 2022 | 19:18 Wita

Rakorwil se-Sulselbar, Departemen Sosial dan Kesehatan Diharap Gerakkan Program dengan Profetik dan Profesional

Editor: admin
Share

JENEPONTO, HidayatullahSulsel.com –– Departemen Sosial dan Kesehatan DPW Hidayatullah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat menyelenggarakan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) di Pantai Mandala Ria Bulukumba, 20-21 Juli 2022.

Rakorwil yang mengikutkan sekitar 30 orang peserta tersebut berasal dari seluruh DPD Hidayatullah se-Sulawesi Selatan dan Barat.

Hadir dalam Rakorwil tersebut Ketua Departemen Sosial DPP Hidauatullah Ustadz Musliadi dan Ketua Departemen Kesehatan DPP Hidayatullah Ustadz Imran Faizin.

Hadir pula Ketua DPW Hidayatullah Sulawesi Selatan Ustadz Drs Nasri Buhari MPd dan yang mewakili DPW Sulawesi Barat Ustadz Drs Massiara serta masing-masing Ketua Departemen Sosial dan Kesehatan Sulawesi Selatan dan Barat Ustadz Armin Abdul Karim SH.I dan Ustadz Nurdin SPd.I

Dalam sesi pembukaan yang berlangsung di anjungan Village Mandala Ria Beach, Ustadz Armin dalam sepatah katanya sebagai ketua panitia penyelenggara menyampaikan terima kasih kepada para peserta atas kehadiran dalam acara tersebut.

Ustadz Nasri berharap adanya kolaborasi program kemasyarakatan khususnya sosial kesehatan antara Hidayatullah dan pemerintah daerah.

“Perlu kemasan dan pola-pola program sosial dan kesehatan untuk kemudian semua pihak dalam hal ini masyarakat dan ummat bisa menerimanya,” harapnya.

Selain itu, tambahnya, Departemen Sosial dan Kesehatan Hidayatullah di seluruh level untuk bisa tampil memberikan solusi dan peran-peran sosial kemasyarakatan.

“Layanan sosial kesehatan perlu digerakkan secara profetik dan profesional sehingga menimbulkan simpatik masyarakat untuk kemudian memberikan profit yang terstandar dan tertarget,” kata Ketua DPW Hidayatullah Sulawesi Tenggara periode 2015-2020 tersebut.

Rakorwil tersebut dibuka langsung Ustadz Imran Faizin. Dalam sambutan ia menyampaikan bahwa program sosial kesehatan merupakan salah satu program pendukung utama gerakan mainstream Hidayatullah

Imran juga tidak menampik, ketika mengkonfirmasi bahwa Departemen Kesehatan di DPW dan DPD masih dijabat rangkap dengan Departemen Sosial.

“Betapa berat beban pengurus yang masih merangkap, namun kita sadari bahwa kader masih kurang, tetapi yang perlu dikedepankan adalah bagaimana mewujudkan program-program penting dan mendesak,” imbuhnya.

Dalam dua hari Rakorwil didiskusikan program-program yang telah dicanangkan. Termasuk bagaimana mencari solusi-solusi permasalahan sosial dan kesehatan yang muncul di kalangan pengurus dan jamaah.

Secara bergantian dua ketua departemen menyampaikan materinya. Ustadz Musliadi dalam sesi materinya banyak menjelaskan tentang keberadaan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA).

Ia sangat mengharapkan adanya optimasi lembaga ta’awwun Hidayatullah serta aktivasi Sahabat Anak Indonesia (SAI).

Ustadz Imran membawakan materi tentang program kesehatan sebagai pendukung utama program mainstream. Islamic Medical Servis (IMS) juga sebagai amal usaha departemen kesehatan menjadi salah satu pembahasan yang disampaikab.

Para  peserta juga mendapatkan pengetahuan praktek pengobatan akhir zaman (PAZ) yang dikoordinir langsung Ustadz Armin menjelang penutupan di hari kedua.■ rls

*) Foto kegiatan simak di akun FB HidayatullahSulsel.com