Thursday, 16 March 2023 | 06:23 Wita

Sukseskan 5 Hal untuk Menang di Bulan Ramadhan

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

Oleh: Dr KH Tasyrif Amin MPdI, Ketua Dewan Murobbi Pusat (DMP) Hidayatullah, Dewan Pembina Yayasan Pesantren Hisayatullah Parepare

HidayatullahSulsel.com — Bulan suci Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, sangat pentingnya bagikita ummat Islam berupaya mempersiapkan diri dan mentekadkan diri agar maksimal dalam satu bulan penuh di bulan Ramadhan nanti untuk meraih predikat taqwa, agar menjadi pemenang.

Dalam rukun Islam semua amalannya dipersaksikan oleh orang lain, kecuali puasa. Puasa menjadi istimewa sebab hanya dipersaksikan langsung oleh Allah Subhana wa Ta’ala.

Orang berpuasa umumnya melakukan amalan ini dengan kejujuran dan akan melatih iman. Sesungguhnya kejujuran akan memberikan petunjuk dan mengarahkan pada kebaikan. Sehingga tidak berguna apabila puasa dilakukan karena ingin diketahui orang lain.

Apabila latihan kejujuran ini bisa dibangun pada seluruh aspek kehidupan, tentu akan menggambarkan hasil utama dari puasa. Serta memaknai Ramadhan dengan target bahwa puasa itu bagaimana mengembalikan fitrah dengan iman dan mengendalikan nafsu.

Sebab nafsu manusia senantiasa timbul dari tiga hal lawan jenis, harta dan kekuasaan. Ketika iman turun dan nafsu akan meningkat, namun saat iman naik maka nafsu akan terkendalikan. Sehingga akan merasakan kenikmatan ibadah.

Karena kerja nafsu sangat halus dari dalam, begitupun godaan syetan dari luar. Maka Allah Subhana wa Ta’ala menurunkan al-Qur’an sebagai hudan (petunjuk) dan furqon yaitu bisa memproteksi dari keburukan-keburukan manusia.

Maka perlu diupayakan untuk memperbanyak membaca al-Qur’an serta mentadabburinya, mendalami maknanya dengan mengkhatamkan sekali dengan membaca terjemahnya, ditambah membaca tafsirnya.

Selain dari penguatan untuk menjaga puasa dan membaca al-Qur’an juga pada Ramadhan ini kita memaksimalkan Qiyamu Ramadhan, infak dan I’tikaf. Munajat yang semakin menanjak di penghujung Ramadhan.

Apabila berhasil dari lima hal utama itu maka akan menghantarkan pada taqwa. Menjalankan apa yang diperintahkan dan menjauhi yang dilarang.(Sahlah al-Ghumaishaa’)

*) Disarikan dari tausiyah Tarhib Ramadhan Yayasan Pesantren Hidayatullah Parepare pun (14/03/2023) di Masjid Al-Mubarak, dengan tema, “Menjadi Pemenang di Bulan Ramadhan.”



BACA JUGA