Sunday, 17 December 2023 | 16:30 Wita

Di Workshop Bisnis MUI Sulsel, GM BTH Makassar Ungkap Tantangan Penetrasi Keuangan Syariah

Editor: admin
Share

Makassar, HidayatullahSulsel.com — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel menggelar Workshop Literasi Praktis Bisnis Syariah di Ruang Sidang/Seminar Prof Arifin Tumpa Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin, Sabtu (16/12/2023).

Kegiatan dibuka langsung Ketua MUI Sulsel Prof Dr KH Najamuddin MA. Tampil sebagai narasumber
Prof Dr M Arfin Hamid SH MH, Prof Dr H Muh Natsir Hamzah SE MSi, Dr Sanusi Fattah SE MSi, Dr Ir H Idris Parakassi MM dan Direktur/General Manager (GM) Baitul Tamwil Hidayatullah (BTH) Makassar Baso Zulfikar.

Pada kesempatan tersebut, Baso mengungkapkan realitas ummat yang masih minim pemahamannya tentang ekonomi syariah khususnya keuangan syariah

“Saat ini sangat penting dimaksimalkan edukasi ekonomi syariah kepada kaum muslimin, sebab masih banyak kaum muslimin yang tidak paham terkait akad syariah ini,” urainya.

Keadaan ini membuat kinerja lembaga keuangan syariah belum sesuai target, meski terus terjadi peningkatan penetrasi pasar baik perbankan maupun baitul Tamwil.



BTH yang merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang kini melayani masyarakat. BTH di Sulsel ada dua cabang yakni di Makassar Jl Tamalanrea Raya, BTP dan BTH Bone.

“Melalui BTH Hidayatullah ingin mengambil peran mempraktekkan sistem ekonomi syariah di masyarakat,” ujarnya.

Kepada peserta workshop tersebut, Baso juga memanfaatkan kesempatan itu menjelaskan produk, layanan dan akad-akad syariah dalam pembiayaan syariah yang terapkan dalam sebuah lembaga keuangan khususnya di BTH.(rls/fir)