Thursday, 30 May 2024 | 05:46 Wita

Seberapa Penting Mengetahui Sejarah Pasang Surut Peradaban Islam ?

Editor: admin
Share

Oleh: St. Syamsiah Abdullah, Ketua MMW Mushida Sulsel

HidayatullahSulsel.com — Setiap peradaban besar termasuk Peradaban Islam, memiliki proses sejarah masing-masing. Mengalami pasang surut sejarah, tumbuh berkembang, maju. berjaya, anti klimaks hingga mengalami kemunduran, bahkan tak sedikit ada yang hancur.

Islam lahir oleh sebuah kondisi masyarakat Arab yang telah terpuruk dalam segala aspek tatanan kehidupannya. Keterpanggilan (Rasulullah) Muhammad untuk mencari jalan keluar dari problematika itu, akhirnya mendapatkan solusi fundamental, dengan Allah menurunkan wahyu-Nya.

Walau lahir di masyarakat gurun Arab, Islam mampu tersebar ke seluruh penjuru dunia menjadi peradaban besar dan eksis hingga berabad-abad lamanya. Berawal dari Kota Madinah, terbangunlah pusat peradaban di berbagai penjuru dunia sampai terakhir di kekhalifaan Turki Usmani.

Kemunculan, kemahsyuran dan kemumduran, serta kemunduran Peradaban Islam adalah perjalanan sejarah panjang pasang surut peradaban. Hal itu adalah pelajaran menarik dan berharga yang wajib dipelajari dan dipahami secara mendalam bagi umat Islam dan generasi berikutnya.

Diantaranya adalah: Pertama, kita memiliki wawasan pengetahuan luas, lebih detail tentang apa, siapa, kapan, di mana dan dampak dari peristiwa atau kejadian sejarah peradaban masa lampau Peradaban Islam itu.

Kedua, Membangun jiwa pembelajar sejati. Mempelajari dan mencari tahu sebuah peristiwa sejarah, dan itu tidak mudah. Setiap peristiwa dan perjalanan sejarah, harus dianalisis menggunakan metodologi tertentu dengan keabsahan sumbernya, serta memberi kemampuan analisis yang lebih tajam. Apalagi sejarah peradaban Islam memiliki berbagai peristiwa keunikan yang mempengaruhi peradaban dunia.

Ketiga, memahami sejarah panjang kehidupan peradaban Islam yang beragam dan peristiwa sejarah yang berbeda-beda. Dapat memahami bagaimana sejarah dimulainya Peradaban Islam dibentuk, faktor mendorong menggapai kekayaan dan penyebab-penyebab terjadinya kemumduran bahkan kehancurannya.

Keempat, menarik hikmah dibalik berbagai peristiwa sejarah. Dimana kita dapat belajar dari kesalahan. Suatu peristiwa dianggap bersejarah apabila memiliki dampak bagi kehidupan selanjutnya,. Dimana akan diketahui latar belakang terjadinya peristiwa, sebagaimana halnya tentang kejayaan dan kemunduran dalam peradaban Islam.

Khusus tentang kemunduran, akan dipahami tentang prinsip utama kesalahan baik dalam tatanan syariat-Nya ataupun dalam membuat suatu keputusan politik pada pemimpinnya. Dengan belajar sejarah tersebut berarti kita tidak akan mengulang kesalahan yang sama berikutnya.

Kelima, kita harus bisa membuat keputusan dan langkah kongkrit yang bisa memberi dampak positif bagi terbangunnya kembali kekayaan dan kejayaan peradaban Islam berdasarkan metode awal Rasulullah membangun peradaban Islam di Madinah bersama para sahabatnya. Kurun atau peradaban terbaik sepanjang masa.(*)


Tags: