Saturday, 28 September 2024 | 15:49 Wita

Edukasi Dai untuk Cerdas Hukum, Hidayatullah Sulsel Gelar Training Paralegal

Editor: admin
Share

HidayatullahSulsel.com — Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Sulsel bekerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum Hidayatullah (LBH-H) menyelenggarakan Training Paralegal untuk puluhan da’i Hidayatullah di Gedung Peradaban Hidayatullah Sulsel, Parepare. Sabtu (28/09/2024).

Ketua DPW Hidayatullah Sulsel, Drs Nasri Bohari MPd, menegaskan pentingnya edukasi hukum untuk para da’i di Hidayatullah. Menurutnya, dengan semakin pesatnya kemajuan Hidayatullah di bidang dakwah dan tarbiyah, bukan tidak mungkin Hidayatullah berada di tengah-tengah banyak kepentingan yang buruk ataupun baik.

“Bisa saja kepentingan ini akan membuat kita bergesekan secara hukum. Oleh karena itu, para da’i harus diedukasi dan memiliki pemahaman hukum yang baik,” kata Nasri yang selanjutnya membuka secara resmi pelatihan tersebut.

Dengan mengangkat tema “Menyiapkan Da’i Cerdas Hukum sebagai Pilar Membangun Negara Hukum yang berkeadilan”, DPW Hidayatullah Sulsel menghadirkan Ketua LBH-H, Dr Dudung A Abdullah MAg MH, sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut.

Di depan peserta pelatihan yang terdiri dari puluhan da’i Hidayatullah dari berbagai daerah di Sulsel, Dudung menyampaikan pentingnya da’i-da’i akrab dengan literasi hukum serta memiliki wawasan hukum yang baik.

“Persoalah hukum bisa menimpa siapa saja. Termasuk para aktivis dakwah. Ada da’i yang difitnah, ada juga da’i yang lembaganya dipersoalkan secara hukum. Tidak sedikit yang seperti itu. Jadi, dengan training ini, Teman-teman diharapkan bisa memiliki edukasi hukum yang baik,” jelas pengacara berdarah Sunda tersebut.

Paralegal adalah orang-orang yang memiliki keterampilan hukum, tetapi bukan pengacara. Atau, dalam pengertian lain dapat disebut sebagai orang kedua dari pengacara.(Ian Kassa)


Tags:

BACA JUGA