Monday, 5 December 2022 | 11:42 Wita

Pondok Tahfidz Ahlul Jannah Hidayatullah Takalar Gelar Ujian Terbuka Santri

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

TAKALAR, HidayatullahSulsel.com — Untuk menguji sejauh mana kemampuan santri dalam menghafal Al-Qur’an, Pondok Tahfidz Ahlul Jannah Hidayatullah Takalar menggelar munaqosyah tahfidzul qur’an atau ujian terbuka untuk santri, Ahad (04/12/2022)

Munaqosyah ini dibuka langsung oleh Kepala Seksi PD Pontren Kemenag Kabupaten Takalar, Drs. H Mustajab.

Dalam sambutannya Pimpinan Pondok Tahfidz Ahlul Jannah Hidayatullah Takalar, Ust. Baharuddin Jabbar SE mengaku sangat bahagia pejabat Kemenag berkenan hadir dan membuka secara langsung munaqosyah para santri penghafal Qur’an meskipun di luar jam tugas.

“Alhamdulillah senang rasanya mendapati seorang pejabat seperti Bapak Kasi PD Pontren kita ini, beliau berkenan hadir di tengah-tengah kita meskipun di luar jam kerja, kami bisa merasakan betapa besar perhatian bapak mengawal program keagamaan khususnya yang berkaitan dengan Pondok Pesantren dan Al-quran, kami sampaikan terimakasih banyak” ucapnya.

H Mustajab dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Lembaga Pendidikan Tahfidzul Qur’an dan segenap pengurusnya yang telah berperan aktif dalam membumikan Al-Qur’an di Takalar sebagai salah satu solusi pendidikan.

“Apapun dan siapapun yang berinteraksi dengan Al-Qur’an pasti mulia, mulai dari malaikat, manusia, bulan, malam bahkan sampai kulit yang bau sekalipun ketika dirajut menjadi pembungkus Al-Qur’an pasti mulia, demikianlah keistimewaan Al-Qur’an, sehingga sangat beruntung bapak dan ibu sekalian yang telah memasukkan anak-anaknya di pondok Tahfidz Ahlul Jannah Takalar ini meski hanya satu setengah jam perhari sepekan” ujarnya kepada seluruh yang hadir.

Penanggung Jawab Tahfidz Ahlul Jannah Hidayatullah Takalar, Ummi Yanti juga berkesempatan menyampaikan bahwa Munaqosyah ini adalah untuk pertama kalinya digelar bagi santri boarding dan non boarding.

“Apalagi ujian tersebut disaksikan langsung oleh pengurus pondok, para ustadz ustadzah, para muhafidz dan dihadapan orangtua wali santri bahkan diuji langsung oleh pejabat Kemenag,” ujarnya.

Santri yang mengikuti munaqosyah ini adalah mereka yang telah menyelesaikan setoran hafalan dan telah mukammal satu Juz atau lebih satu kali duduk, di antara mereka ada yang sudah hafal satu juz, tiga Juz, Tujuh Juz dan ada yang sudah sampai dua puluh lima Juz alhamdulillah,” terang Ummi Yanti yang juga sebagai Kadep. Keputrian PW Muslimat Hidayatullah Sulsel.

Kasi PD Pontren Kemenag Takalr juga berkesempatan menguji langsung beberapa santri peserta Munakasyah.(masyur/arh)

Untuk informasi dan dukungan/donasi dapat menghubungi Nomor 081343785554/ 085316660220 an. Ust. Arham Baharuddin. Rekening BRI No.0250-01-025239 an Ahlul Jannah Hidayatullah Takalar



BACA JUGA