Thursday, 20 January 2022 | 09:09 Wita

3M, Kunci Sukses Terlaksananya Semua Urusan

Editor: admin
Share


■ Oleh : Ust Ir Abd Majid MAKetua Dewan Murabbi Wilayah (DMW) Hidayatullah Sulsel

PortalAMANAH.com — Untuk menjalankan program keummatan di semua bidang di lembaga Hidayatullah ini harus bermodalkan dan menggunakan tiga M, Musyawarah, Mujahadah dan Munajat.

Kalau musyawarah, mujahadah dan munajat ini bisa kita optimalkan maka InsyaAllah apa yang kita inginkan itu bisa terlaksana dengan baik. Karena Allah pasti akan memberikan jawaban dengan apa yang kita butuhkan.

Musyawarah itu sesuatu yang sangat penting karena berdasarkan perintah syariat.

Musyawara juga mengajarkan kita untuk tidak egois sebab berarti kita tidak memaksakan pikiran kita.

Artinya kita juga butuh pikiran orang lain untuk menyempurnakan ide kita. Tapi tetap semua persoalan kita serahkan kepada Allah.

Sebagai contoh, kita punya masalah, kemudian kita musyawakan untuk mencari jalan keluar, hasilnya diserahkan sepenuhnya kepada Allah subhana wa ta alla.

Lalu digantungkan kepada-Nya dengan bertawakkal kepada Allah Ta’ala.

Maka yakinlah solusinya akan datang, karena kesulitan itu beriringan dengan jalan keluarnya.

Musyawarah itu kalau tidak dijalankan maka ia akan menjadi teori saja.

Karena itu, kalau kita sudah musyawarah, kita benar benar harus menguatkan mujahadah untuk berjuang bersungguh-sungguh menjalankan program yang sudah disepakati.

Semakin tinggi kualitas mujahadah kita, maka semakin tinggi pula kekuatan ilhami yang didapatkan.

Jadi meski kita bertugas dengan amanah yang berat tapi karena mujahadah kita kuat, maka beban yang kita hadapi InsyaAllah akan terasa ringan.■ ridwan gagah

*) Disarikan dari penyampaian selaku Ketua Badan Pembina Hidayatullah Luwu Timur, dalam penutupan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Hidayatullah Luwu Timur, (18-20/1/2022) di Gedung MI Kampus Madya Hidayatullah Towuti, Luwu Timur.



BACA JUGA