Friday, 28 January 2022 | 21:42 Wita

Ustadz Anwar Ungkap Masalah Ummat Islam Dalam Pengajian Bulanan Ponpes Hidayatullah Masago

Editor: admin
Share

BONE, HidayatullahSulsel.com — Pengurus Yayasan Ponpes Hidayatullah Masago, Bone, menggelar pengajian bulanan di Masjid kampus Hidayatullah Masago, Jumat, (28/2/2022).

Diundang sebagai pemateri, Kepala Departemen Organisasi DPW Hidayatullah Sulsel, Ustadz Drs H Anwar Baits MPd dalam ceramahnya mengkaji dua permasalahan ummat Islam saat ini.

“Permasalahan ummat hari ini ada dua yaitu masalah eksternal dan internal.” kata Ustadz Anwar

Lebih jauh Anwar menjelaskan, bahwa masalah external yang dihadapi ummat Islam dewasa ini di antaranya adalah serangan westernisasi dan sosial budaya.

“Masalah ini benar-benar mendangkalkan aqidah, seperti westernisasi ini, dampaknya kita bisa lihat generasi muda kita sekarang, gayanya seperti orang-orang barat. Benar-benar tidak mencerminkan Islam.” terangnya.

Selain itu, lanjut Anwar, “Serangan dan perubahan sosila budaya ini juga merusak kemurnian Islam, kita bisa lihat banyak sekali ritul-ritual budaya yang sengaja dicampur dengan kegiatan ibadah ummat Islam. Ini bisa merusak aqidah kita,” katanya.

Di samping itu, ummat Islam saat ini juga menghadapi masalah yang cukup berat, dimana masalah itu datang dari internal Islam itu sendiri.

“Belum lagi secara internal, ini juga yang berat dihadapi sekarang. perselisihan kita ummat Islam ini datang dari diri kita sendiri, mulai dari perbedaan perbedaan khilafiyah, furuiyah dan lain sebagainya dimana masing masing kelompok merasa kelompoknya paling benar,” katanya.

Maka untuk membendung serangan yang ada tersebut, Anwar mengajak kepada peserta yang hadir, untuk mempelajari ajaran Islam dengan benar, memperkuat persaudaraan antar sesama serta memperbanyak silaturrahmi.

“Insya Allah kalau kita membangun hubungan baik antar sesama, mempelajari Islam dengan benar, maka budaya Islam itu tidak lagi bercampur budaya luar dan persaudaraan kita juga semakin kuat, sehingga serangan dari sisi manapun itu bisa terpental jauh.” tandasnya

Pimpinan Pesantren, Ustadz Tawakkal setelah kegiatan berharap agar pengajian yang diselenggarakan sebulan sekali ini bisa membawa kebaikan dan membangun hubungan emosional antara masyarakat dan pengurus pondok.

“Kegiatan ini Alhamdulillah untuk membangun kedekatan antara warga dan pengurus pondok. semoga pengajian ini bisa memberikan manfaat yang baik bagi kita semua,” harap Ust Tawakkal.■ Ridwan Gagah



BACA JUGA