Monday, 24 October 2022 | 10:13 Wita

Tasyakuran 1 Tahun RQH Husnul Khotimah dan RQH Ar-Razzaaq Binaan Hidayatullah Parepare

Editor: Firmansyah Lafiri
Share

PAREPARE, Hidayatullah Sulsel.com — Suatu keniscayaan tatkala mendatangkan kebahagiaan pada saudara, maka kebahagiaan itu pun akan meliputi diri.

Sehingga perlu adanya untuk senantiasa mengundang rasa bahagia dengan membahagiankan atau menyenangkan orang lain. Pada ungkapan bahasa Arab, yaitu

سؤال: من أسعد الناس
الجواب: من أسعد الناس

“Siapakan manusia yang paling berbahagia?’
‘Mereka yang membuat manusia bahagia (membahagiakan orang lain).”

Rumah Qur’an Hidayatullah (RQH) Husnul Khotimah dan Ar Razzaaq mengimplementasikan ungkapan Arab tersebut, pada acara tasyakuran satu tahun RQH pada Sabtu (22/10/2022) dengan mengumpulkan orang untuk jalin silaturrahim, menyiapkan makanan, serta adanya tausiyah hikmah dengan tema, “Mari Teladani Akhlak dan Perjuangan Rasulullah.”

Tasyakuran berlangsung di RQH Husnul Khotimah, Cappa Galung Kota Parepare. Turut dihadiri pengurus dan pengajar RQH, kerabat dan tamu undangan.

Ketua Pengurus Daerah (PD) Muslimat Hidayatullah (Mushida) Parepare Sahlah al-Ghumaishaa’ dalam sambutannya mengapresiasi kedua RQH yang ada di Cappa Galung ini.

RQH tersebut sudah istiqomah dalam memberi pelajaran al-Qur’an yang pelaksanaannya tiga hari dalam sepekan. Serta mengucapkan terima kasih sebab sudah bersinergi dengan Pengurus di Hidayatullah kota Parepare dalam menyambut baik dan mensukseskan program kerja yang ada, khususnya menghidupkan suasana belajar di RQH.

“Masya Allah, Tabarakallah buat ibu-ibu dan bapak-bapak yang telah menghidupkan majelis ilmu di RQH, berupaya untuk istiqomah dalam satu tahun ini itu tidaklah mudah, merintis ladang kebaikan, berkumpul bersama meningkatkan keimanan, memberikan contoh pada anak cucu bahwa ibu bapaknya, kakek neneknya berkumpul bersama di RQH untuk mempelajari al-Qur’an, maka ini adalah contoh terbaik buat generasi pelanjut,” tutur pengajar di SD Integral Hidayatullah Parepare ini.

Hadir pula Ketua Departemen Dakwah Pengurus Wilayah Pemuda Hidayatullah Sulawesi Selatan Ahmad Syahril Aziz SPd sekaligus sebagai pemateri tausiyah hikmah.

Ust Ahmad Syahril mengajak untuk banyak mentadabburi ayat-ayat yang telah diwahyukan oleh Allah Subhana wa Ta’ala, maka dengan tadabbur itulah akan menemukan hikmah di baliknya, walau hanya cukup membaca satu ayat.

“Pada kesempatan ini kita akan fokus pada ayat keempat surah al-Qolam yang artinya ‘Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang luhur’, yang dimaksud disini ada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, manusia terbaik yang akan kita tapaktilasi akhlak dan perjuangannya.” terang Syahril.

Menurutnya, mengenal Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam tidaklah instan. Ada beberapa poin yang perlu diteladani dan semoga dimudahkan untuk mengaplikasikannya yaitu pribadi Nabiullah diantaranya: Orang yang paling panda bersyukur, Hobby Istighfar, Pandai Bercanda, Nabi tidak Suka Marah, Paling Zuhud, Dermawan, Terpercaya dengan Julukan Al-Amin.

“Orang yang istiqomah mengikuti Nabi, kelak Nabi akan mengenali ummatnya karena sholawatnya. Jadi, identitas maulid yaitu untuk meningkatan sholawat bukan hanya sekali dalam setahun di bukan Rabiul Awwal. Sehingga perlu diamalkan setiap saat, setiap hari, sepanjang tahun agar bertambah istighfarnya, sholawatnya, rasa syukur dan keimanannya,” tutur Pembimbing RQH tersebuy mengakhiri tausiyah.

Selain itu ibu Halimah selaku tuan rumah acara tasyakuran berucap syukur atas adanya pendampingan dan bimbingan untuk belajar al-Qur’an di RQH, serta berkomitmen semoga bisa istiqomah mengikuti amalan sunnah Nabi.

“Terimakasih untuk Hidayatullah telah memberi kesempatan dan membimbing kami di rumah Qur’an untuk lebih dekat dan mengerti isi al-Qur’an,” ucap Pemilik rumah yang menjadi tempat RQH Husnul Khatimah.(thesahl)



BACA JUGA