Sunday, 13 March 2022 | 09:33 Wita

Tiga Santri Putri Hidayatullah Towuti Selesaikan Ujian Tasmi

Editor: admin
Share

LUWU TIMUR, HidayatullahSulsel.com –– Sebanyak tiga santri putri Hidayatullah Towuti, Luwu Timur telah berhasil menyelesaikan Tasmi atau ujian memperdengarkan hafalan Qur’an di hadapan para penguji dengan sekali duduk di mushollah asrama lutri Ponpes Hidayatullah Towuti, Kamis, (10/3/2022)

Santri Fatma Fatimah, siswi kelas 3 SMA asal Rongkong, Luwu Utara menyelesaikan tasmi’ lima Juz sekali duduk untuk level 2 (Juz 3,4,5,6 dan 7) dengan kategori kelancaran Jayyid Jiddan. Dengan tambahan 5 Juz Hafalan AlQur’an tersebut, Fatma Fatimah telah menyelesaikan total hafalan 10 juz.

Selanjutnya Nabila Binti Akmal, siswi kelas 2 SMA asal Masamba, Luwu Utara juga telah berhasil menyelesaikan tasmi’ hafalan 5 juz sekali duduk untuk level 2 (juz 3,4,5,6 dan 7) dengan kategori kelancaran Mumtaz sehingga total hafalan Qur’an Nabila sebanyak 10 Juz.

Sedangkan, Shofiantun Khomila Binti Surya Wirawan, siswi kelas 3 SMP asal Tarobok, Luwu Utara ini telah menyelesailan tasmi’ 5 Juz sekali duduk, untuk level 1 (Juz 28, 29, 30, 1 dan 2) dengan kategori kelancaran Mumtaz. Dengan total jafalan qur’an 5 juz.

Pinpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatullah Towuti Ustadz Irwan Mujahid MPd, menerangkan, ujian tasmi’ ini dilakukan rutin setiap santri telah mencapai target hafalan dan yang menguji adalah para istadz atau ustadzh yang telah memiliki kemampuan di bidang Qur’an.

“Alhamdulillah secara periodik, kita melakukan ujian tasmi’ untuk santri-santri kita di pondok ini, dan Alhamdulillah kita punya penguji atau pembimbing yang paham tentang bacaan tulis Qur’an,” kata Ustadz Irwan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam rangka mencapai target lulusan hafalan mutqin, bukan hanya sekadar pernah hafal, maka santriwati Pondok Pesantren Hidayatullah Towuti wajib men-tasmi’ kan hafalannya dalam beberapa level,

Level 1 untuk 5 juz sekali duduk, level 2 : 7 juz, level 3 : 10 juz, level 4 : 15 juz, level 5 : 20 juz, level 6 : 27 juz, dan level 7 sebagai level tertinggi dan terakhir yakni 30 juz untuk sekali duduk dari waktu tahajut hingga jelang siang.

“Semoga para ananda yang telah melewati tasmi bisa tetap istiqomah dan diberikan kemudahan dalam menghafal dan menjaga hafalan Al-Qur’annya. Juga memberi inspirasi bagi teman yang lain dan menebarkan manfaat untuk orang sekitar serta memberikan mahkota kemuliaan kepada orangtuanya di akhirat kelak dan menjadi wasilah bagi kami semua,” harapnya.■ Ridwan Gagah



BACA JUGA