Sunday, 30 April 2023 | 08:02 Wita

Membangun Spirit Silaturahim, Raih Faedah bagi Perjuangan

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

Oleh : Drs Ust Muhammad Kaisar, Ketua DPD Hidayatullah Maros

HidayatullahSulsel.com — Silaturahim, selain memanjangkan umur juga diperintahkan di dalam syariat Islam. Silaturahmi juga mempunyai dampak kemanfaatan yang sangat luar biasa.

Dengan menjaga silaturahim, Allah ta’ala akan menurunkan banyak keberkahan dalam kehidupan kita, akan menjadi washilah turunnya rahmat dan pertolongan Allah.

Semakin sering kita bersilaturahim maka akan semakin banyak orang mengenal kita. Semakin kita dikenal banyak kalangan maka akan semakin banyak orang yang tahu maksud dan tujuan kita.

Hingga kemudian akan berefek pada respect atau simpati orang lain kepada kita. Dan ketika seseorang sudah mulai respect dan percaya kepada kita, maka sudah otomatis mereka akan sukarela membantu dan menjadi bagian dari perjuangan kita.

Seseorang yang senantiasa menjaga tali silaturahmi maka Allah akan melapangkan rezeki dan memperpanjang umurnya. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam sebuah hadis berikut, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi,” (HR. Bukhari – Muslim).

Mengingat amanah kita cukup besar dan banyak tantangan, menuntut kita untuk terus bergerak menjalin dan menyambung silaturahim.

Kalau mengambil istilah dan spirit bunda Siti Hajar terus melakukan Sa’i naik turun lembah, niscaya Allah akan menurunkan atau menunjukkan sumber mata air zamzam-nya dari arah yang tidak disangka-sangka. Wallahuallam.(*)



BACA JUGA