Friday, 15 September 2023 | 16:15 Wita

Laznas BMH-Depag Beri Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Ummat

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

Bulukumba, HidayatullahSulsel com — Sebanyak 10 orang penerima manfaat program pemberdayaan ekonomi ummat mengikuti pelatihan kewirausahaan dan management keuangan di Kantor KUA Ujung Bulu, Bulukumba, Kamis-Jumat (14-15/9/2023).

Pelatihan dilaksanakan Lembaga Amil Nasional Zakat (Laznas) Baitul Mal Hidayatullah (BMH) Sulsel dan Departemen Agama (Depag). Hadir sebagai pemateri Basori Shobirin MIKom dan Aditya SE dari Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) Sulsel.

Dalam paparannya Basori mengungkapkan tujuan program tersebut menjadikan penerima manfaat menjadi seorang muzakki, atau mereka menjadi orang yang  mandiri secara finansial dan mampu menunaikan zakat.

Sebagai permodalan awal, pemerintah melalui Kementerian Agama yang bekerja sama dengan Laznas BMH telah menyalurkan bantuan modal kepada masing masing peserta senilai Rp 10 juta dengan skema pencairan sebanyak dua kali.

Bidang-bidang usaha peserta penerima manfaat meliputi pelayanan dan jasa, pertanian serta usaha rumahan. 

Zulkifli, seorang penerima manfaat yang menjalankan usaha kebutuhan rumah tangga mengungkapan rasa terimakasihnya. Ia berharap pelatihan yang diberikan dapat terus dilakukan oleh para pendamping.

“Kami perlu dibimbing pelatihan yang dibarengi dengan praktek pengelolaan keuangan maupun teknik marketing yang sesuai prosedur,” ujarnya.

Selain modal yang diberikan, para penerima manfaat juga akan mendapatkan pendampingan intensif dari Laznas BMH, baik materi-materi yang sifatnya teoritis, maupun praktik. “Setiap bulan, tim akan bertemu dan berdiskusi untuk memantau perkembangan  usaha penerima manfaat,” jelasbya.(rls/*)



BACA JUGA