Monday, 25 September 2023 | 21:10 Wita

Sekolah Dai Hidayatullah Sultanbatara Angkatan V Kuliah Perdana di DPRD Parepare

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

Parepare, HidayatullahSulsel.com — Mahasantri Sekolah Dai Hidayatullah (SDH) Sultanbatara mengikuti kuliah perdana sehari di Gedung DPRD Parepare, Senin, (25/9/2023).

Kuliah perdana tersebut dibuka Ketua DPRD Kota Parepare Ir H Kaharuddin Kadir MSi juga menjadi pembicara inti. Pemateri lain oleh Instruktur Nasional GranD MBA Ust Muhdi Muhammad SSosI dan Ketua DPW Hidayatullah Sulsel Ust Drs Nashri Bukhori MPd.

Dalam sambutan Ust Nasri menguraikanayat spesial untuk seorang Dai, Surah Fushillat ayat 33. “Profesi terbaik itu adalah seorang Dai karena sempurna nawafilnya. Namun akhir ayat ini mengatakan (innaniy minal muslimin) yang artinya Dai itu harus superior harus percaya diri tuk amanah besar ini yakni membukikan Al Qur’an,” tuturnya.

Hari ini sangat spesial, tambahnya, karena kuliah umum ini berlangsung di tempat yang sakral yang semoga ini menjadi awal lahirnya dai-dai tangguh yang ke depan akan mengisi kursi-kursi parlemen ini.

Dalam materi kuliah yang disampaikan, Ust Nasri menguatkan spirit tentang kepemudaan. Bahwa seorang pemuda harus menjadi agent of change. Dai itu harus punya tanggung jawab besar ia akan selalu ikut andil dalam program keummatan.

“Juga pemuda atau para dai harus sadar akan peran iron stock yaitu manusia tangguh yang memiliki kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya dapat menggantikan generasi-generasi sebelumnya,” tegasnya.

Apresiasi disampaikan Kaharuddin dalam sambutannya. “Saya yakin ruangan ini akan makin mabarakka’ dengan diisi kegiatan-kegiatan Qur’an seperti ini. Adek-adek sekalian harus sadar bahwa proses inilah yang dimaksud Allah dalam Surah Al Mujadalah ayat 11 bahwa Allah itu meninggikan derajat orang yang berilmu.”

Ia pun mengutip perkataan, “Barangsiapa yang menginginkan (kebahagiaan) dunia, maka hendaknya dengan ilmu. Dan barangsiapa yang menginginkan (kebahagiaan) akhirat, maka hendaknya dengan ilmu. Dan barangsiapa yang menginginkan (kebahagiaan) dunia akhirat, maka hendaknya dengan ilmu.”

Pada materinya, alumnus magister Program Study Administrasi tersebut mengangkat tema tentang Kepemimpinan.

“Kepemimpinan itu merujuk kedalam karakter atau sifat, siapa saja yang mampu memberikan pengaruh terhadap khalayak ramai maka itulah pemimpin,” urainya.

Selain itu, tambahnya, telah ada pada diri Rasulullah sosok pemimpin yang ideal nan sempurna, sifat Siddiq, Tabligh, Amanah, dan Fathonah.

Sementara Ust Muhdi menegaskan bahwa rekontruksi aksi nyata mencetak generasi Qur’an bermodalkan 4 hal yaitu, Sadar Ilahi, Sadar Institusi, Sadar Jama’i, dan Sadar SDI.

Pada kesempatan itu dilaksanakan penandatanganan MoU Pos Dai Sulsel bersama Sekolah Dai Hidayatullah Sultanbatara yang juga disaksikan oleh Ketua DPRD Kota Parepare. (Abu Haniyyah)



BACA JUGA