Saturday, 25 November 2023 | 22:16 Wita

Dari HidayahNya Terlahir Generasi Rabbani

Editor: admin
Share

Oleh : Nasri Bukhari MPd, Ketua DPW Hidayatullah Sulsel

Silatnas, HidayatullahSulsel.com — Kita orang Hidayatullah adalah santri Allah, bukan blok dan nonblok. Setiap masalahnya harus dikembalikan kepada Allah, dan hanya bertanya ke-Dia, bukan kepada yang lainnya, apalagi dukun.

Kita ingin mencetak generasi Rabbani, yang ditarbiyyah dan mampu mentarbiyyah. Mencontoh Rasul-Nya, serius mendapatkan solusi sebagaimana Nabi Muhammad berjuang bertakhannus ke Gua Hira untuk mencari solusi problematika umatnya

Kader Hidayatullah adalah menjadiikan Allah sebagai sumber penyelesaian problem, dengan berpedoman pada lima surah. Sehingga dalam perjalanan ini, ‘Hidayatullah’ dilindungi oleh Allah dikawal malaikat.

Santri Hidayatullah harus sukses di dunia, kaya materi dan terhormat, dan selamat di akhirat. Semua yang kita lakukan sementara on the track. Di atas hidayah-Nya kita akan memiliki kekuatan dalam beberapa hal, sebagai jati diri orang beriman.

Sebagai generasi Rabbani harus mampu menghadapi berbagai ujian di dunia ini. Generasi yang juga berfungsi sebagai murobbi. Dan juga mampu mencetak generasi Rabbani. Adapun ciri-ciri antara lain;

Pertama, Menguasai ilmu Dengan Al-Alaq dia menguasai ilmu berdasarkan keyakinan akan adanya Allah tempat berlindung. Dan mampu mendapatkan ilmu tentang eksistensi Allah sebagai tempat bergantung segala pemalasalahan

Ketika generasi Rabbani memiliki pemahaman yang baik mengenai ketauhidan maka dia akan bisa memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Mengantarkan dirinya mendapatkan hidayah Allah.

Kedua Faqih, mampu menguasai ilmu, dan profesional di bidangnya. Generasi Rabbani ahli dalam satu bidang profesi.  Karena kemampuan manusia tidak mungkin untuk menguasai dan ahli dalam semua bidang. Harus faqih atau paham betul dalam bidang tertentu. 

Sehingga hasilnya akan lahir karya menumental dan inovasi-inovasi baru tercipta. Serta mempersiapkan diri menghadapi permasalahan-permasalahan baru senantiasa hadir.

Ketiga, Memiliki kemampuan manajemen yang baik. Hidayah yang datang kepadanya membuat memiliki kualitas hebat. Generasi yang banyak memiliki aktivitas yang bermanfaat. 

Diperlukan manajemen yang baik mengatur waktu dan kegiatan. Dengan manajemen baik membuat diri sendiri mampu diatur, maka juga peluang untuk mampu mengatur orang lain pun juga bisa berjalan dengan baik

Keempat, kemampuan ilmu siasah Generasi Rabbani yang mendapatkan hidayah harus memahami banyak tentang siasah atau politik. Baik itu dunia perdagangan, pemerintahan, bermasyarakat dan lainnya.

Bahkan dalam dakwah dan tarbiyah juga dalam mencari nafkah pun perlu politik. Sehingga pemahaman tentang politik perlu untuk dikuasainya.

Kelima Mengamalkan ilmu. Punya bashira, ahli diberbagai bidang dan wajib mempertanggung jawabkan ilmunya.

Generasi Rabbani kelak menjadi pemimpin yang mampu menjalankan Qur’an dan Sunnah. Mempertanggung jawabkan ilmu dan amalnya didunia dan akhirat.

Generasi itu ditunggu dari santri Hidayatullah. Sehingga kelak nanti kader Hidayatullah akan memimpin bangsa Indonesia, baik sebagai presiden, gubernur, bupati hingga RT. Juga menjadi Rektor, pengusaha, dan ahli diberbagai bidang. Allahu Akbar.(*)

*) Disarikan dari taushiyah Ust Abdurrahman SE, Anggota Badan Pertimbangan Hidayatullah



BACA JUGA