Monday, 18 December 2023 | 09:27 Wita

Sambut Ramadhan dengan Melatih Diri

Editor: admin
Share

Oleh : Ust Muh Al Muntazhar, Dai Hidayatulllah

HidayatullahSulsel.com — Rasulullah shallallahu alaihi wa salam dan para sahabatnya latihan (pempersiapkan dan mengkondisikan diri) berpuasa dan meningkatkan ketaqwaan enam bulan sebelum puasa Ramadhan tiba.

Ini menunjukkan betapa penting dan betapa besarnya pengaruh latihan dalam sebuah kesuksesan dan meraih kemenangan pada suatu pertarungan atau biasa Ramadhan disebut sebagai perang besar melawan hawa nafsu.

Maka sepatutnya kita sebagai ummat Rasulullah Muhammad untuk turut meneladani dengan berlatih menjelang Ramadhan yang akan kembali menjelang beberapa bulan lagi.

Kenapa kita harus berusaha latihan, bukan sekedar latihan biasa tapi dilakukan secara extra maksimal. Karena kemenangan dan keuntungan yang spektakuler dijanjikan Allah untuk kita hambya peroleh. Kemenangan dan keuntungan bagi siapa yang menang di Ramadhan tak terhingga nilainya.

Piala dunia sepak bola dengan hadiah yang sangat sedikit dengan ukuran atau dibandingkan hadiah yang dijanjikan Allah, para pemain dari negara peserta jauh hari dan dengan kesungguhan mempersiapkan diri

Padahal itu hanya sebatas kemenangan dan keuntungan di dunia saja. Mereka berlatih dengan sungguh-sungguh dan habis habisan. Lalu kenapa kita tidak lebih sungguh-sungguh dan habisan-habis pula untuk kebaikan dunia dan kemenangan kita di akhirat kelak ?

Karena puasa jauh lebih besar kemenangan dan lebih banyak keuntungan yang dijanjikan Allah untuk kita peroleh, untuk dunia dan terlebih bagi akhirat kita.

Semoga semua ummat mendapatkan kemenangan pada Ramadlan 2024 yang akan datang dengan kwalitas terbaik tentunya. Kemenangan dan amalan Ramadhan yang berkualitas tentunya akan membawa perubahan dunia yang dahsyat.

Sesungguhnya kemenangan berpuasa lebih mulia dari pada perjungan untuk memenangkan atau menjadi presiden dan wakil presiden apalagi sekedar menjadi anggota DPRD.

Tentunya perjuangan dakwah melalui politik bukannya tak penting. Maka kemenangan di Ramadhan mendatang dengan mempersiapkan diri lebih dini semoga juga membawa keberkahan bagi kemenangan di pelef dan pilpres mendatang.