Saturday, 3 February 2024 | 14:09 Wita

Pengantar Manhaj Sistematika Nuzulnya Wahyu (3)

Editor: admin
Share

Pasang Surut Peradaban Islam (3)

HidayatullahSulsel.com — Tokoh-tokoh gerakan pembaharuan Islam antara lain, Ibnu Taimiyyah, Muhammad Rasyid Ridha, Muhammad Abduh, Muhammad bin Abdul Wahhab dan Muhammad Iqbal.

Sedangkan gerakan yang memfokuskan pada usaha-usaha membangun kembali persatuan ummat Islam dalam satu kekuatan politik, telah dilakukan pula oleh tokoh-tokoh Islam di berbagai negara, seperti Sayyid Jamaluddin Al-Afgani dengan Pan-Islamismenya di India, Hasan Al-Banna dengan Ikhwanul Musliminnya di Mesir, Abul A’la Al-Maududi dengan Jamiat Al- Islaminya di Pakistan dan yang lainnya.

Tidak terkecuali di Indonesia, tokoh-tokoh dan para pemimpin- pemimpin Islam sejak lama telah melakukan usaha yang sama. Usaha untuk mewujudkan sebuah masyarakat Indonesia yang Islami telah diperjuangkan sejak kemerdekaan hingga hari ini. Berbagai strategi telah diuji coba.

Mulai dari yang berbentuk gerakan kultural, gerakan pendidikan dan ilmu pengetahuan, gerakan ekonomi, gerakan dakwah, sampai gerakan yang bersifat politik.

Mulai dari yang bersifat kooperatif sampai yang bersifat konfrontatif pernah dilakukan, namun hingga kini hasilnya masih sangat jauh dari harapan.(fir/bersambung)



BACA JUGA